Sukses

98 Taruna AAL Mengikuti Australian Sail 2013

Sejumlah 98 taruna tingkat III Akademi Angkatan Laut Angkatan 60 akan melaksanakan Latihan dan Praktek (Lattek) pelayaran ke Benua Australia

Citizen6, Surabaya: Sejumlah 98 taruna tingkat III Akademi Angkatan Laut Angkatan 60 akan melaksanakan Latihan dan Praktek (Lattek) pelayaran ke Benua Australia. Lattek yang diberi nama Kartika Jala Krida (KJK) Australian Sail 2013 ini dikomandani oleh Mayor Laut (P) Agus Praptopo, dengan menggunakan kapal latih jenis Barquentine (layar tiang tinggi) yaitu KRI Dewaruci.

Peresmian dan pelepasan satuan latih KJK ini dilaksanakan oleh Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, melalui suatu upacara militer di lapangan Arafuru, Bumi Moro, Surabaya, Senin 12 Agustus 2013. Menurut rencana pelayaran ini akan berlangsung selama kurang lebih 60 hari yaitu mulai 13 Agustus sampai dengan 10 Oktober 2013. Route yang akan dilewati adalah Surabaya, Jakarta, Kupang, Darwin, Perth, Melbourne, Sydney, Jakarta, dan kembali ke Surabaya.

Dan khusus di Sydney, Satgas KJK ini akan dilibatkan secara aktif dalam International Ship Race dan Tall Ship Race 2013. Selain itu KRI Dewa Ruci juga akan menghadiri undangan dari Australian Sail Training Association untuk mengikuti Australian Navy's Fleet Review, sebuah Icon Internasional bergengsi yang akan dihadiri oleh banyak negara, yang akan membangun image dunia bahwa TNI AL layak diperhitungkan dalam percaturan Internasional.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk karakter prajurit matra laut dan mental kejuangan taruna AAL sebagai calon Perwira TNI AL yang bermoral, disiplin, profesional dan bertanggung jawab. Selain itu guna mempraktekkan semua pelajaran yang telah didapatkan di kelas dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan. "Para taruna ini sekaligus menjadi duta negara dalam menjalankan peran diplomasi dan menambah wawasan tentang pergaulan internasional, serta kondisi sosial masyarakat tempat yang disinggahi," ujar Gubernur AAL Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja.

"Sebagai prajurit TNI AL, kita harus bertekad bahwasanya laut harus kita taklukkan, kita kuasai, kita kontrol, dan kita awasi, agar tetap aman dan terkendali, dalam rangka melindungi kepentingan bangsa Indonesia di dan atau lewat laut. Laut adalah medan juang kita sebagai prajurit matra laut, saat ini dan masa mendatang," tandas Laksda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja.
 
Para pejabat yang hadir dalam acara tersebut Wagub AAL Laksma TNI Achmad Taufiqoerrochman, Direktur Logistik AAL Kol. Laut (T) Riyadi Syahardani, Direktur Personel AAL Kol. Laut (KH) Dra. Gizela, Komandan Resimen Taruna Kol. Mar Bambang Suswantono, dan para kepala departemen korps di Akademi Angkatan Laut. (Wasis/YSH)

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini