Sukses

Tim COE Monusco Periksa Peralatan Operasional Konga XX-J

Tim COE MONUSCO menggelar pemeriksaan kesiapan peralatan operasional Satgas Kizi TNI/IEO di Bumi Nusantara Camp, Dungu, Kongo.

Citizen6, Dungu: Tim COE (Contingent Owned Equipment) MONUSCO (Mission de I’Organisation de republic des Nation Unies Pour la Stabilisation en Republique Democratique du Congo) menggelar pemeriksaan kesiapan peralatan operasional terhadap materiil, perlengkapan, persenjataan dan kendaraan Kontingen Garuda (Konga) XX-J/Monusco atau sering disebut Satgas Kizi TNI/IEO (Indonesia Engineering Company) di Bumi Nusantara Camp, Dungu, Kongo.

Kedatangan 4 personel Tim COE Monusco yang dipimpin Mr. Bikas Sen dari Nepal pada, Selasa 13 Agustus 2013 diterima langsung oleh Dansatgas Konga XX-J/Monusco, Letkol Czi Irfan Siddiq. Turut mendampingi Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen selaku koordinator
dalam kegiatan pemeriksaan ini beserta seluruh Perwira Staf.

Untuk ketiga kalinya, kegiatan triwulanan ini digelar dengan tujuan untuk memeriksa kesiapan operasional peralatan dan perlengkapan Konga XX-J/Monusco. Terutama setelah digunakan dalam kurun waktu 4 bulan terhitung sejak Mei hingga Agustus 2013. Dimana sebelumnya Tim COE menginspeksi peralatan dan perlengkapan tersebut pada Mei 2013 lalu.

Rangkaian inspeksi diawali dengan paparan singkat Perwira Seksi Logistik Kapten Czi Hanif Tupen tentang kondisi peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh Konga XX-J/Monusco. Dilanjutkan dengan pemeriksaan alat perlengkapan yang berada di Bumi Nusantara Camp maupun di beberapa lokasi pekerjaan seperti lokasi rehabilitasi jalan Dungu-Ngilima dan perbaikan jembatan Moke. Obyek yang diinspeksi meliputi pemeriksaan perlengkapan perorangan (self-sustainment) dan beberapa alat utama Satgas (major equipment).

Hasil penilaian yang disampaikan oleh Mr. Bikas Sen pada saat briefing seusai pelaksanaan inspeksi adalah peralatan dan perlengkapan yang dimiliki Konga XX-J/Monusco mendapatkan kategori lulus sesuai dengan standar yang ditetapkan. Namun demikian, ada beberapa kendaraan yang harus mendapat perhatian khusus, mengingat kondisi peralatan yang memang sudah memasuki usia tua. Hal ini, mendapat tanggapan serius karena berkaitan dengan keselamatan kerja para prajurit di lapangan.

Di akhir inspeksi, Mr. Bikas Sen beserta rombongan menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI yang telah bekerja dengan baik dan profesional. Walaupun ada beberapa peralatan yang dimiliki Kontingen Garuda telah melebihi batas usia pakai, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan semangat dan kinerja anggota Konga XX-J/Monusco untuk senantiasa memberikan pengabdian yang terbaik dalam menjalankan misi perdamaian di Kongo. (Badarudin Bakri/YSH)

Badarudin Bakri adalah pewarta berita

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.