Sukses

650 Warga Pagedangan Dapat Layanan Kesehatan Gratis dari Gereja

Sebanyak 650 warga Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu 24 Agustus 2013 mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Citizen6, Tangerang: Sebanyak 650 warga Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu 24 Agustus 2013 mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan.

Acara yang disertai pemberian bingkisan handuk dan sabun serta makanan ringan untuk para siswa ini diadakan Komunitas Gereja Santa Monica Bumi Serpong Damai di lingkup Sekolah Dasar Negeri Pagedangan.

Agung selaku Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan, dalam melaksanakan kegiatan bakti sosial (Baksos), pihaknya bekerja sama dengan aparatur pemerintahan, keamanan, dan tokoh masyarakat setempat. Kegiatan ini, katanya, murni sebagai bentuk kepedulian komunitas yang dipimpinnya untuk merekatkan persatuan dan kesatuan.

"Dalam kegiatan baksos, kami melakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat-obatan ringan. Kami akan menindak lanjuti pengobatan bila menemukan kondisi pasien membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Namun  sejauh ini belum ditemukan warga yang menderita penyakit parah," ujar Agung di sela-sela acara.

Pembantu Rektor Bidang Akademik Universitas Atmajaya itu juga menjelaskan, pelayanan pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh sejumlah dokter dari rumah sakit dan mahasiswa kedokteran Universitas Atmajaya Jakarta. Sedang untuk pemberian obat-obatan pihaknya bekerjasama dengan perusahaan obat-obatan.

"Kegiatan bakti sosial semacam ini telah beberapa kali kami lakukan. Sebagai bentuk kepedulian komunitas, kami berbagi untuk sesama manusia dengan menghimpun dana dari anggota komunitas dan mencari bantuan dari donatur serta menjalin sinergitas kemanusiaan dengan relawan lainnya," imbuh Agung.

Pada kesempatan yang sama, tokoh masyarakat Pagedangan sekaligus kepala sekolah SDN Pagedangan, H Safruddin mengungkapkan rasa terimakasih atas kepedulian yang dilakukan Komunitas Gereja Santa Monica. Baginya kegiatan bakti sosial semacam ini sebagai bagian dari pengabdian pada masyarakat yang harus dilakukan setiap lembaga.

"Selain memberikan pengobatan gratis pada warga, sekolah kami telah dibangunkan dua buah westafel untuk mencuci tangan. Kepedulian ini saya rasa  wajar mereka lakukan karena berdomisili di perumahan di wilayah Pagedangan. Apalagi dengan menggandeng musyawarah pimpinan kecamatan dan tokoh masyarakat," ungkap Safruddin. (Edy Syahputra Tanjung/Mar)

Edy Syahputra Tanjung adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini