Sukses

Operasi Surya Bhaskara Jaya Naik Kapal Perang RS ke NTT

Kegiatan Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013 dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan di kapal perang KRI dr Soeharso-990.

Citizen6, Jakarta: Sesuai dengan visi dan misi Operasi Surya Bhaskara Jaya, kegiatan gugus tugas ini dititikberatkan pada pelayanan kesehatan, serta perbaikan sarana dan prasarana lingkungan serta promosi kesehatan. Dengan target melayani kesehatan bagi 7.000 pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil.

Kegiatan Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013 dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kesehatan yang berada di kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso-990 yang memiliki fasilitas bedah ICU, 7 kamar operasi serta unit kesehatan pendukung lainnya. Hal ini untuk melayani pengobatan umum, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), diare, penyakit kulit, hernia, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB. Dari 616 personel pendukung operasi bhakti kesehatan dan bhakti sosial ini, 126 orang di antaranya adalah tenaga kesehatan yang terdiri dokter spesialis, dokter umum dan para medis.

Guna memastikan kesiapan sarana dan prasarana kesehatan yang akan digunakan oleh Satgas SBJ, Wakil Menteri Kesehatan Edwin Yulian Firdaus meninjau KRI dr Soeharso-990 yang sedang sandar di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (28/8/2013).

KRI dr Soeharso-990 merupakan Unsur Tugas (UT) Angkut Gugus Laut SBJ sekaligus menjadi Posko Pelayanan Kesehatan (Yankes) dalam rangka mendukung kegiatan nasional Sail Komodo Tahun 2013. Bertindak selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) SBJ LXII/2013 Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim).

Pada tahun ini operasi SBJ akan memberikan pelayanan kesehatan di Lembata, Maumere, Labuan Bajo, dan Waingapu di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Operasi Surya Bhaskara Jaya juga sangat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah terpencil, sehingga sampai sekarang masih banyak permintaan masyarakat dan daerah, agar daerahnya dapat disinggahi dan mendapatkan pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial lainnya dari SBJ.

Kegiatan kemanusiaan ini dikolaborasikan dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, swasta, dan negara-negara sahabat.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan sudah berlangsung sejak tahun 1980. Hal ini sebagai salah satu tugas dan tanggung jawab TNI AL sebagai komponen bangsa dalam pembangunan nasional serta wujud nyata kepedulian TNI AL terhadap upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir sebagai salah satu bentuk operasi militer selain  (OMSP) TNI.

Gugus Tugas SBJ LXII/2013 dilepas oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono di dermaga JICT Tanjung Priok, Jakarta Utara bersama 3 gugus laut yang tergabung dalam Sail Komodo 2013 lainnya. Yaitu Gugus Laut Expedisi Bhakti Kesra Nusantara dengan KRI Banda Aceh-593, Gugus Laut Lintas Nusantara Remaja dan Pemuda Bahari/LNRPB dengan KRI Makassar-990, serta Gugus Laut Pelayaran Lingkar Nusantara dengan KRI Surabaya-591. Jumlah seluruh peserta 4 gugus laut tersebut kurang lebih sebanyak 1.416 orang, di luar prajurit pengawak empat kapal perang tersebut.

Upacara pelepasan 4 gugus laut Sail Komodo 2013 dihadiri oleh sejumlah menteri Kabinet Indinesia Bersatu Jilid II, para pejabat Mabes TNI dan staf angkatan serta Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur, Laksamana Muda TNI Agung Pramono. (Dispenarmatim/Mar)

Dispenarmatim adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media, kuliner dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.