Sukses

Masyarakat Lembata NTT Sambut Kedatangan Satgas SBJ

Masyarakat Lembata NTT menyambut kedatangan gugus laut satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013 di Dermaga Pelabuhan Laut Lewoleba.

Citizen6, Nusa Tenggara Timur: Sebagai bagian dari ungkapan rasa syukur dan bangga, masyarakat Lembata Nusa Tenggara Timur (NTT) menyambut kedatangan gugus laut satgas Surya Bhaskara Jaya (SBJ) LXII/2013 di Dermaga Pelabuhan Laut Lewoleba, NTT, Senin (2/9/2013). Rencananya, gugus laut SBJ akan berada di Lembata hingga tanggal 4 September 2013.
 
Komandan Satgas SBJ LXII 2013 Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto beserta rombongan disambut dengan acara adat Lamaholot oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lembata Drs Petrus Toda Atawolo bersama unsur Muspida Kabupaten Lembata, anggota DPRD setempat, para sesepuh adat, serta tokoh masyarakat, yang diwarnai dengan pengalungan kain adat Kedang serta pemberian minuman Koli oleh sesepuh adat Lembata.
 
"Selama di Lembata kegiatan operasi bakti yang akan dilaksanakan antara lain meliputi pelayanan kesehatan, perbaikan sarana dan prasarana umum, penyuluhan, pemberian bahan kontak kepada nelayan, siswa sekolah, dan pemuda karang taruna," kata Dansatgas SBJ LXII/2013 Kolonel Laut (P) Taat Siswo Sunarto yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Satuan Kapal Bantu (Dansatban) Koarmatim.
 
Pelayanan kesehatan meliputi pengobatan umum, bedah minor, bedah mayor, gigi, khitan dan pelayanan KB. Untuk pengobatan umum, gigi dan khitan dilaksanakan di ruang tunggu Pelabuhan Lewoleba. Sementara untuk pasien bedah mayor dan minor, katarak, bibir sumbing dilaksanakan di kapal perang rumah sakit, KRI dr Soeharso-990.
 
Sampai saat ini pasien terus berdatangan di posko pelayanan kesehatan yang berada di pelabuhan. Tim medis Satgas SBJ bekerja sama dengan petugas kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lewoleba dibantu para bidan dan petugas BKKBN setempat, terus mendata pasien yang baru datang untuk mendapat pelayanan kesehatan lebih lanjut.
 
Selain di Lembata, kegiatan operasi bakti yang merupakan salah satu bagian dari kegiatan Sail Komodo 2013 ini rencana akan dilakukan juga di Maumere, Labuan Bajo, dan Waingapu.
 
Operasi Bakti Surya Bhaskara Jaya itu sendiri merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh TNI AL merupakan wujud kemanunggalan TNI dalam hal ini TNI AL dengan rakyat, utamanya terhadap masyarakat di daerah pesisir pantai pulau terluar dalam rangka untuk membantu mempercepat pembangunan, membuka peluang usaha, dan memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan. Kegiatan kemanusiaan ini dikolaborasikan dengan berbagai pihak, seperti pemerintah daerah, Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, swasta dan negara-negara sahabat.
 
Gugus laut SBJ kali ini diikuti sedikitnya 616 orang, dan 126 orang diantaranya adalah tenaga kesehatan, dititikberatkan pada promosi kesehatan, pelayanan kesehatan, serta perbaikan sarana dan prasarana lingkungan, dengan target melayani kesehatan bagi 7.000 pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil.  
 
Kegiatan Operasi SBJ LXII/2013 dilakukan dengan memanfaatkan sarana kapal perang rumah sakit KRI dr. Soeharso-990 yang memiliki fasilitas bedah, ICU, laborat, rontgen serta unit kesehatan pendukung lainnya, untuk melayani pengobatan umum, Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), diare, penyakit kulit, hernia, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB.
 
Sementara perbaikan sarana dan prasarana umum di Lembata antara lain renovasi MCK Masjid Nur Hasanah Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, dan renovasi balai pertemuan di desa dan kecamatan yang sama.  Adapapun pelayanan kesehatan terhadap 972 pasien, meliputi 600 pasien pengobatan umum, 150 pasien pengobatan gigi, 150 pasien bedah minor dan 72 pasien bedah mayor serta pelayanan KB.  
 
Sasaran berikutnya Pelayanan Masyarakat (Yanmas)  diantaranya penyuluhan bidang kesehatan meliputi pola hidup dan lingkungan sehat, bahaya penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya, keluarga sejahtera melalui KB dan hiperbarik, dilanjutkan penyuluhan bidang potensi maritim meliputi penyuluhan tentang belanegara, sosialisasi peran dan tugas TNI AL, pentingnya pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM, pemberdayaan daerah pesisir, dan sosialisasi  penerimaan Kadet AAL. Kemudian penyuluhan bidang hukum tentang bahaya narkotika, Ilegal Entry, traficking, dan perikanan. Kegiatan tersebut juga diisi dengan hiburan musik, pemutaran film, dan olah raga bersama.   
 
Bentuk kepedulian Satgas SBJ lainnya terhadap masyarakat Lembata adalah penyerahan bahan kontak berupa alat tulis, buku bacaan dan alat olah raga kepada siswa sekolah, yaitu dua SMA, tiga SMP dan tiga SD. Kemudian penyerahan alat musik berupa gitar, peralatan nelayan berupa alat pancing dan lampu petromak, serta mesin giling, kepada pemuda karang taruna di Desa Wangatoa. Selain itu juga penyerahan kitab suci Al Quran, sarung, sajadah, mukenah, dan karpet untuk Masjid Nur Hasanah. Kemudian pemberian tali asih juga diberikan kepada anak-anak yang telah dikhitan berupa sarung, songkok, baju koko, sandal, kaos, dan tas sekolah. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini