Sukses

KRI dr Soeharso Layani Ribuan Pasien di Lembata

Selama 3 hari bersandar di dermaga Lewoleba, Lembata, kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso-990 tidak pernah sepi dari kunjungan pasien.

Citizen6, Lembata: Selama 3 hari bersandar di dermaga Lewoleba, Lembata, kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso-990 tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat maupun pasien pelayanan kesehatan.

Kegiatan Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya LXII/2013 di wilayah Kabupaten Lembata yang dilakukan sejak 2-5 September 2013 di wilayah Kabupaten Lembata ini memanfaatkan fasilitas kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso-990 yang memiliki fasilitas laborat, rontgent, bedah, ICU, serta unit kesehatan pendukung lainnya.
 
Gugus tugas ini dititik beratkan pada promosi kesehatan, pelayanan kesehatan, serta perbaikan sarana dan prasarana lingkungan, dengan target melayani kesehatan bagi pasien yang tinggal di pesisir dan pulau-pulau terpencil, termasuk di wilayah Kabupaten Lembata saat ini. Pelayanan kesehatan ini untuk untuk melayani pasien pengobatan umum, Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), diare, penyakit kulit, hernia, malaria klinis, pengobatan gigi dan mulut, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan pelayanan KB.

Selama berada di Kabupaten Lembata, Unsur Tugas Pelayanan Kesehatan (Ut Yankes) telah melakukan pengobatan terhadap ribuan masyarakat. Rekapitulasi jumlah keseluruhan pasien, pada Rabu 4 September 2013, yang telah ditangani sebanyak 2.274 pasien.

Jumlah tersebut terdiri dari 368 pasien kesehatan umum, 228 pengobatan gigi, 84 THT serta 157 khitan. Pasen bedah minor terdiri dari 58 lipoma, 7 papiloma, 2 clavus, 1 rekontrusi nasal, dan 1 irigasi sinus. Pasien bedah mayor yaitu 6 struma (gondok), 3 hydrocle, 1 apendik, 1uvula bafida, 2 ganglion, 5 hernia, 2 kista, 1 FAM serta 2 tumor parotitis.

Pasien poli mata yaitu operasi 61 penderita katarak dan 23 pterigium. Kemudian operasi 6 pasien bibir sumbing, pengobatan 23 pasien kandungan serta 47 pasien Metode Operasi Wanita (MOW).

Jumlah rekapitulasi tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah, mengingat hingga saat ini Kamis (5/9/2013) Pukul 11.00 WITA tadi, pelayanan kesehatan masih berlangsung. Rencananya gugus laut SBJ LXII/2013 akan meninggalkan Pelabuhan Lewoleba, Lembata sore nanti sekitar pukul 16.00 WITA, untuk selanjutnya berlayar menuju Maumere. (Dispenarmatim).

Disepenarmatim adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini