Sukses

Pantai Klayar, Pesona Tanah Lot Laut Selatan

Pantai Klayar adalah salah satu seni bahari yang memiliki pesona hamparan pasir putih, sekaligus ikon dari Kabupaten Pacitan.

Citizen6, Pacitan: Pantai Klayar bisa dikatakan adalah salah satu seni bahari mahakarya ilahi yang memiliki pesona luar biasa indah. Dengan karakteristik berupa hamparan pasir putih, air laut yang berwarna biru, batu karang yang mempesona, dan air mancur alami menjadikan pantai ini menjadi bbyek wisata pantai unggulan dan sekaligus ikon dari Kabupaten Pacitan.

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Klayar ini berada sekitar 35 sampai 40 km ke arah barat Kota Pacitan, dan dapat di capai sekitar 90 menit dari Kota Pacitan. Konon nama Klayar berasal dari guyonan lokal Klayar-kluyur alias jalan-jalan.

Pantai Klayar akan terlihat tambah elok ketika Anda berada di sana saat cuaca sedang cerah. Maka pada kondisi tersebut, nada sinergi biru laut yang demikian manis, membentur halus deretan karang hitam yang berbaris rapi di tepian, berpadu dengan pasir putih yang mempesona. Layaknya sebuah pesisir, vegetasi berupa pohon-pohon kelapa tumbuh liar di sekitarnya.

Saat menjelang sore pun, lembayung senja atau sunset dengan spektrum jingga kemerahan akan memeluk erat langit di garis batas Klayar sore itu. Pemandangan ini seperti menyaksikan alam yang sedang asyik dengan romansa pesisirnya.

Sisi lain Pantai Klayar bukan hanya elok pada keindahan Pasir Putihnya saja, tebing – tebing karst juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Klayar. Karst merupakan struktur bumi hasil pelarutan batuan gamping, granit, atau batuan pasir lainnya dan hampir sama dengan permukaan goa. Uniknya, gugusan karst di Pantai Klayar berukuran raksasa dan berwarna gading pucat dan menjulang tinggi hingga puluhan meter. Angkuh berdiri sekuat apapun gemuruh laut menderu.

Tebing-tebing tersebut membentuk tanah lot yang indah. Ada sekitar 3 sampai 4 tanah lot yang menjadi ciri khas Pantai Klayar. Beberapa tanah lot ini menjadi tempat terbaik untuk diabadikan dengan fotografi. Tanah Lot Klayar terbentuk karena abrasi dari laut, karena seperti diketahui ombak Laut Klayar masuk kategori besar, sehingga memungkinkan untuk terus menggerus karang dan bebatuan karst Klayar.

Pantai Klayar adalah satu diantara sekian banyak pantai yang masih masuk kategori pantai natural dan belum terkelola secara maksimal di Pacitan. Namun demikian, penduduk setempat sudah memanfaatkan keelokan Pantai Klayar ini untuk nilai ekonomis. Beberapa fasilitas yang tersedia di pantai ini cukup menambah pesona Pantai Klayar.

Pantai berpasir putih ini memiliki keistimewaan di antara celah karang dan deburan ombak yang melambai yang bisa berbunyi seperti seruling laut. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan air berwarna biru yang menyenangkan untuk dikunjungi dan dinikmati. Di samping itu juga ada air mancur alam, dimana air mancur ini terjadi karena gelombang tekanan udara di laut yang menghantam batu batuan berongga.

Ketinggian air mancur yang dapat mencapai sekitar 10 meter, bisa menghasilkan gerimis dan embun air laut yang mempesona. Ketika ombak kencang datang, cekungan ini memancarkan air setinggi lebih dari 5 meter. Jika angin bersahabat, ia pun akan mengeluarkan tiupan serupa bunyi suling bambu. Jika kita berdirilah di atas cekungan tersebut, maka tubuh akan bergetar tersiram semburan air laut dalam interval 5-10 detik.

Namun untuk menuju ke kawasan seruling samudera ini, Anda tidak diperbolehkan sendirian, karena kawasan ini masuk ke zona terlarang Pantai Klayar. Banyak korban berjatuhan di sini, bahkan beberapa orang sampai tidak ditemukan.

Satu hal lagi yang membuat kawasan ini berbahaya adalah karena posisi karang yang menjulang di area ini langsung berbatasan dengan palung laut yang dalam. Sehingga bagi yang terlena dengan kondisi ini dan sedang berada di area tersebut, akan langsung terseret ombak palung laut Klayar.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Pemerintah setempat membuat pengamanan di area tersebut dengan cara memasang spanduk peringantan dan pagar-pagar kecil. Selain itu pihak pengelola Klayar juga menyediakan guide untuk membantu Anda menuju ke kawasan seruling samudera ini. Anda cukup memberikan imbalan sepantasnya, maka sang guide (biasanya dua orang) akan menemani perjalanan Anda menikmati Tanah Lot dan seruling samudera Pantai Klayar.

Bagi yang mencintai dunia fotografi, lokasi puncak bukit bagian timur yang merupakan tanah lot yang berada di kawasan seruling Laut adalah titik terbaik untuk mengabadikan Klayar. Perlu sedikit memanjat memang. Namun segera terbayar seketika melemparkan pandangan dengan gradasi laut hijau toska, berkolaborasi harmonis dengan topografi karst. (Dwi Purnawan/Mar)

Dwi Purnawan adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, yang saat ini sedang menekuni Penelitian Olahraga untuk Pariwisata dan Budaya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, Ramadan atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Saat ini Citizen6 mengadakan program yang kali ini bertema "Tempat Wisata di Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini