Sukses

Warga Desa Tegaldowo, Tolak Pembangunan Pabrik Semen

Rencana pembangun pabrik semen di Desa Tegaldowo,Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mendapat penolakan dari warga.

Citizen6, Rembang: Rencana pembangun pabrik semen di Desa Tegaldowo,Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah mendapat penolakan dari warga.

Hal ini menindak lanjuti kondisi air yang mulai berkurang drastis, berhektar-hektar tanaman warga yang mulai mengalami paceklik, dan
hujan yang sudah tidak menentu. Satu-satunya sumber air yang bisa diharapkan warga desa adalah di Pegunungan Batu sebagaimana lokasi
Pabrik Semen yang rencananya akan dibangun. Selain itu, mengingat Kecamatan Gunem adalah Kawasan Hutan Lindung Nasional, warga menolak keras adanya tambang tersebut.

Pihak pabrik semen tidak berani menjamin kesejahteraan warga dengan menampung seluruh warga di Desa Tegaldowo menjadi karyawan atau memberikan setidaknya Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) 1,5jt perbulan per KK per bertambahnya KK dengan hitam di atas putih. hal ini menimbang bahwa tidak hanya beberapa warga yang akan paceklik, tetapi seluruh warga petani.(Hary Zulfa/Mar)

Hary Zulfa adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.