Sukses

Pospol Binong Urus Keamanan, KDRT Hingga Cemburu Pasutri

Sejak adanya Pospol Binong angka kejahatan telah menurun dan tidak ada lagi ditemukan kasus narkoba.

Citizen6, Tangerang: Pos Keamanan (Pospol) Terpadu Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten melayani 18 RW dan Kejaroan. Keberadaannya selain untuk mencegah dan mengurangi tindakan kriminal juga sebagai balai temu warga.

Di bawah pimpinan Binamas Kelurahan Binong, Aiptu H Masduki, keberhasilan Pospol yang diresmikan Wakapolres Kota Tangerang sekitar 3 bulan lalu itu, melibatkan unsur Linmas, pemuda, dan ormas setempat. Prestasi yang dicapai telah sampai Polda Metro Jaya dan disebut-sebut sebagai percontohan Pospol.

“Pengaduan yang kami terima mulai dari perkara mabuk yang meresahkan, pencurian di rumah warga, dan curanmor, ” terang Andi Setiyanto selaku pengurus Citra Bayangkara mitra Polsek Curug yang bertugas di Pospol Terpadu Binong, Kamis 12 September 2013.

Sejak adanya Pospol Binong angka kejahatan telah menurun dan tidak ada lagi ditemukan kasus narkoba. Segala laporan warga diterima di sini, bahkan  pengaduan uang setoran angkot yang tidak dibayar supir sampai pemukulan suami terhadap istri dan cemburu istri pada pihak ketiga diselesaikan di sini.

Diakui Andi, sejak terjalin kemitraan antara petugas polisi dan mayarakat banyak laporan yang diterima diselesaikan secara musyawarah dan mufakat. Namun diantaranya ada yang harus berhadapan dengan ranah hukum. 

“Kegiatan pertemuan wargapun rutin dilakukan dan dihadiri Binamas Polsek Curug, para ketua RW/Jaro dan tokoh masyarakat. Seperti pada malam minggu tanggal 7 September kemarin, Ketua Forum RW Pak Bambang Hermanto menyatakan rasa gembira dengan menurunnya tingkat kriminalitas di kelurahan Binong khususnya Perumahan Binong Permai,” tambah Andi.

Ketua Forum RW, mengingatkan agar warga tetap waspada dengan keamanan lingkungan yang telah relatif kondusif. Rasa terimakasih jajaran pengurus RW pun disampaikan pada Polsek Curug, Binamas Kelurahan Binong, mitra kerja polisi Citra Bayangkara, pemuda dan ormas setempat.

Dari rapat dicapai kesepakatan untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisifitas keamanan. Untuk itu mulai pertengahan Sepember 2013 Pos Keamanan Terpadu Binong sudah efektif selama 24 dengan menjadwal anggota Linmas yang direkrut dari masing-masing RW.

Kegiatan peningkatan keamanan dilakukan dengan patroli rutin pada malam hari. Untuk keamanan dilakukan pembatasan waktu kerja pemulung mulai pukul 04.00-23.00 wib dan pendataan ulang bagi para pengontrak rumah. (Edy Syahputra Tanjung/Arn)

*Edy Syahputra Tanjung adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan,wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini