Sukses

Komunitas Pecinta Sedekah: Kami Merasakan Indahnya Berbagi

Komunitas Pecinta Sedekah perkumpulan yang terdiri dari beberapa orang dengan latar belakang pekerja, mahasiswa dan ibu rumah tangga

Citizen6, Surabaya: Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) perkumpulan yang terdiri dari beberapa gelintir orang dengan latar belakang pekerja, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga ini yang awalnya memiliki nama komunitas Pecinta Anak Yatim (PAY) yang terbentuk sejak November 2012. Beberapa agenda kegiatan rutin bulanan mulai dari kunjungan ke panti-panti asuhan, outbond bersama anak yatim piatu, pembukaan rumah tahfiz di Tuban dan lain-lain.

Namun di tengah perjalanan, ternyata komunitas ini mendapat rintangan karena ternyata nama yang diambil teman-teman sebagai identitas komunitas ini sudah lebih dulu diresmikan oleh sebuah yayasan yang berpusat di Jakarta dengan beberapa cabang di antaranya di Surabaya. Karena dikhawatirkan komunitas kami adalah bentuk dualisme dari cabang tersebut akhirnya kami diminta mengganti nama, dan sekitar Februari 2013 berubahlah menjadi Komunitas Pecinta Sedekah.

Harapan kami dengan nama baru kami tetap bisa berbagi dengan siapapun tanpa mengenal usia dan latar belakang. Setelah transformasi nama, donatur kami semakin mendukung kegiatan-kegiatan kami. Mulai dari kunjungan ke panti jompo, berbagi malam bersama abang becak se Surabaya, khitan massal dan rutinitas ke panti-panti asuhan balita hingga remaja. Ada juga acara ramadan baik berbagi 1000 takjil dan sahur on the road, bahkan donatur kami dari Singapura berkenan datang langsung mengikuti kegiatan berbagi malam bersama abang becak tersebut.

Meskipun saat ini hanya beranggotakan kurang dari 10 orang, namun hingga saat ini masih tetap solid dan dapat memberikan motivasi dalam bekerja maupun berkativitas sehari-hari. Karena dengan mengikuti komunitas ini, kami bisa merasakan indahnya berbagi, melihat langsung kondisi kaum marjinal, anak yatim, penghuni panti jompo serta minoritas lainnya. Sehingga bisa menambah rasa syukur kita kepada Tuhan yang memberikan kita kecukupan melebihi mereka yang membutuhkan uluran tangan kita karena dari harta yang kita miliki memang ada hak mereka yang harus kita berikan.

Bersama Komunitas Pecinta Sedekah ini bisa bekerja sama dengan beberapa komunitas lainnya seperti makelar sedekah, romanisti, Team Rescue Surabaya serta didukung beberapa instansi. Semoga Komunitas Pecinta Sedekah ini bisa diterima dan bisa membawa kebaikan bagi sesama. Karena harapan kami, komunitas ini bisa lebih berkembang dan bisa menyampaikan amanah yang bisa semakin dirasakan oleh lebih banyak orang yang membutuhkan. (Dwi Hajar/bnu)

Dwi Hajar adalah pewarta warga dari Surabaya yang merupakan anggota Komunitas Pecinta Sedekah.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan,wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 10-20 September ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Komunitasku Keren!". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini