Sukses

Kancut Keblenger, Komunitas Blogger Merangkap Biro Jodoh

Citizen6, Jakarta: "Kancut Keblenger? Apaan, sih? Komunitas pecinta celana dalam?"

Mungkin banyak orang yang masih bertanya-tanya ketika pertama kali mendengar kata Kancut Keblenger. Namun, kalau kamu menanyakan hal itu kepada blogger-blogger muda di Indonesia, kamu pasti akan mengetahui jawabannya.

Ya, Kancut Keblenger adalah salah satu komunitas blogger di Indonesia yang telah berdiri sejak 28 Februari 2011. Komunitas ini diisi oleh blogger-blogger muda yang kreatif. Tidak hanya kreatif dalam membuat tulisan, bahkan mereka banyak sekali yang kreatif membuat gambar, ilustrasi, dan video keren. Banyak dari mereka yang telah menjadi penulis buku, artworker, desainer grafis, dan lain sebagainya.

Kancut Keblenger (KK) pada awalnya dibuat sebagai tempat berkumpul teman-teman blogger terdekat sang pendiri, Irvina Lioni. Nama Kancut Keblenger sendiri ada tanpa memiliki arti khusus. Benar-benar hanya sekadar iseng dan lucu-lucuan. Tidak ada sama sekali niat untuk dijadikan sebagai komunitas blogger besar seperti saat ini.

"Awalnya saya membuat Kancut Keblenger karena merasa perlu adanya tempat berkumpul teman-teman blogger terdekat. Kebanyakan sih, hanya sekadar untuk ngobrol-ngobrol dan minta diajarin ngeblog. Dari situ juga saya mendapatkan pengunjung tetap blog saya, kancut-beringas.blogspot.com. Sebelum saya mendirikan Kancut Keblenger, blog saya masih sepi banget. Namun semenjak ada KK, blog saya kini memiliki trafik tinggi dan penggemar. Selain itu, saya juga bisa cari cowo loh dari KK. Hahahaha," cerita Irvina tentang awal didirikannya Kancut Keblenger.

"Mungkin Kancut Keblenger bisa mendapatkan ribuan anggota karena banyak yang nyasar kesini, penasaran dan lalu merasakan betapa asiknya komunitas ini. Nama komunitas yang unik dan aneh merupakan salah satu hal kenapa KK kini bisa cepat berkembang hingga bisa mendapatkan 3000 anggota dari seluruh Indonesia bahkan beberapa negara di dunia," tambah Irvina lagi.

Lalu, apa bedanya Kancut Keblenger dengan komunitas blogger lainnya? Sederhana saja. Kancut Keblenger dibuat sebagai tempat berkomunikasi dan berinteraksi dengan sesama blogger. Bukan hanya sekadar tempat untuk membuang link promosi blog seperti komunitas blogger lain di dunia maya. Perwujudan komunikasi dan interaksi ini bisa dilihat dengan adanya :

1. #DiskusiKK : Setiap anggota Kancut Keblenger bisa melakukan diskusi apapun di dalam grup Facebook KK. Mulai diskusi tentang blog, percintaan, masalah sekolah, dan lain sebagainya.

2. Radio Kancut: Radio Kancut adalah radio online milik Kancut Keblenger. Semua penyiar berasal dari anggota KK sendiri yang berasal dari berbagai daerah, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, bahkan Batam. Dengan adanya Radio Kancut, semua anggota KK bisa membagikan karya mereka berupa rekaman puisi dan lagu ke radio ini. Mereka juga bisa mengirimkan curahan hati kepada penyiar dan langsung berinteraksi dengan penyiar dan pendengar melalui chatango yang ada di dalam blog http://radiokancut.blogspot.com. Radio Kancut on air setiap hari jam 8 malam.

Adanya komunikasi dan interaksi yang kuat membuat anggota Kancut Keblenger bisa saling mengenal dekat bahkan hingga terlibat cinta lokasi. Irvina sendiri mengaku telah beberapa kali mengalami cinlok dengan anggotanya sendiri.  Tidak hanya Irvina, masih banyak anggota Kancut Keblenger lainnya yang mengalami cinlok bahkan hingga menjalin hubungan asmara bertahun-tahun.

"Saya rasa, salah satu keunikan Kancut Keblenger yaitu karena adanya cinta lokasi di dunia maya dengan sesama anggota. Bisa dibilang kalau di komunitas blogger lain, ya mungkin nggak ada kejadian kayak gini. Bahkan dari adanya cinlok, saya langsung membuatkan buku komunitas berjudul KANCUT KEBLENGER: DIGITAL LOVE yang diterbitkan oleh Bukune. Buku tersebut ditulis oleh delapan penulis dari anggota Kancut Keblenger yang pernah mengalami cinta di dunia maya dan kebanyakan menceritakan tentang kisah cinlok di dalam Kancut Keblenger. Royalti buku ini rencananya akan digunakan untuk charity tahun depan bersama adik-adik kita yang mengidap kanker," ucap Irvina sambil mempromosikan bukunya.

Keunikan Kancut Keblenger Lainnya

Selain adanya cinlok, ada banyak keunikan lain yang bisa kamu lihat di dalam komunitas ini. Pertama, kamu bisa menyebut semua anggota Kancut Keblenger dengan Kawancut. Untuk lebih spesifiknya, kamu bisa menyebut anggota perempuan KK dengan Perawancut dan Perjakancut untuk anggota laki-laki.

"Saya membuat nama-nama penyebutan ini biar nambah lucu aja, gitu. Di komunitas blogger lain, mana ada yang kayak gini? Hihihi," ujar Irvina.



Kedua, Kancut Keblenger memiliki kartu pengenal sendiri yang bisa digunakan ketika mereka ingin di-follow-back oleh akun Twitter Kancut Keblenger. Kartu pengenal yang biasa disebut dengan #KartuKancut ini dibuat berdasarkan ide salah satu Perjakancut bernama @xinnosuke yang berasal dari Bangkalan. #KartuKancut berisi nama lengkap, tempat tanggal lahir, asal, username Twitter, dan nama blog Kawancut. #KartuKancut boleh dibuat seunik mungkin oleh para Kawancut, misalnya dibuat seakan-akan kancutnya basah, berdarah, dan sebagainya.

Ketiga, anggota Kancut Keblenger yang ingin mempromosikan blognya ke akun @kancutkeblenger bisa langsung memberikan mention dengan tagar #KancutBaru. Sungguh unik, bukan?

Kancut Keblenger selalu mengadakan kopdar di tempat-tempat yang bisa dijangkau oleh Kawancut yang kebanyakan masih menjadi siswa dan mahasiswa. Contohnya, Taman Monas, Ancol, museum, dan lain sebagainya. Para Kawancut juga dapat dijumpai di acara-acara penggiat media sosial dan blog, seperti ON OFF (2011), SoMePlayground (2011), dan Social Media Festival (2012-2013). Bahkan KK pernah mengadakan charity bersama anak jalanan di Bandung.

Ketika Kopdar, biasanya KK membuat acara-acara seru, seperti melakukan serangkaian games dan tukar kado yang berisi barang seharga tidak lebih sepuluh ribu rupiah. Isinya boleh berupa barang-barang bermanfaat hingga yang nyeleneh seperti sebungkus kondom.

Saling Bahu Membahu

Kancut Keblenger dibesarkan secara bahu membahu oleh Kawancut. Mulai dari pembuatan logo, radio online, website, hingga para pemegang akun media sosial KK. Logo Kancut Keblenger dibuat oleh seorang ilustrator ternama bernama @yulianzone yang berasal dari Kendal. Logo ini sendiri digunakan sebagai banner blog para Kawancut dan pengenal mereka kepada blogger lain bahwa mereka adalah salah satu anggota KK.

Radio Kancut dibuat oleh Raymond, seorang Perjakancut asal Bekasi. Sedangkan website KK yaitu www.kancutkeblenger.com dibuat oleh seorang siswa SMA bernama Ijal Fauzi yang memang menggemari dunia IT. Dan akun media sosial KK dipegang oleh Irvina, Vita, dan Datafaogo. Belum lagi Kawancut lainnya yang mengisi acara Radio Kancut dan rubrik di website KK.

Keuntungan Bergabung dengan Kancut Keblenger

Keuntungan terbesar ketika bergabung dengan komunitas manapun tentu saja bisa mendapatkan banyak teman yang berasal dari berbagai daerah dan profesi apapun. Di Kancut Keblenger sendiri, kamu bisa mendapatkan teman dari Sabang sampai Merauke. Dari yang hanya sebagai siswa sekolah, mahasiswa, hingga pekerja profesional.

Di Kancut Keblenger, kamu bisa mendapatkan ilmu blogging dan ilmu lainnya yang biasa dibagikan oleh para Kawancut melalui #DiskusiKK. Bahkan kamu pun bisa sambil mencari gebetan baru di dalam komunitas KK. Ada banyak sekali loh para Kawancut yang memiliki fisik seperti artis ternama dan berprestasi.

Kancut  Keblenger juga akan selalu membagikan informasi #LombaNgeblog bahkan bagi-bagi rezeki kalau ada sponsor yang ingin mengajak campaign tertentu.



Cara Bergabung dengan Kancut Keblenger

Mudah saja, kamu bisa bergabung melalui grup Facebook KK di https://www.facebook.com/group/kancutkeblenger/. Persyaratannya yang terpenting kamu memiliki akun Facebook asli dengan nama yang tidak alay dan kamu harus memiliki blog. Kancut Keblenger sangat menerima Kawancut Baru yang juga masih baru di dunia blogging. Disini kamu semua bisa belajar blogging bareng Kawancut lain. (Irvina Lioni Yuniasari/Arn)

*Irvina Lioni Yuniasari adalah pendiri Kancut Keblenger yang dapat dihubungi melalui Twitter @kancutkeblenger dan www.kancutkeblenger.com.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

    Artikel Selanjutnya
    UI Bantu Para Pencari Kerja Lewat Career Expo 2017
    Artikel Selanjutnya
    FLS 2017 Buat Pemuda Indonesia Jadi Kreatif