Sukses

Sate Emprit Khas Kediri, Dipercaya Sembuhkan Lemah Jantung

Citizen6, Kediri: Sate Emprit adalah sate yang berasal dari burung emprit. Pemilik depot sate emprit dikediri yakni Darmiyanto. Ia telah membuka depot sate emprit sejak 2006.

Awal berdirinya depot sate emprit, Darmiyanto memanfaatkan burung emprit yang meresahkan petani. Karena burung emprit adalah salah satu musuh para petani Kediri, yang memakan padi milik petani Kediri. Caranya, dengan membuat jebakan disawah-sawah warga Kediri menggunakan jaring-jaring sebagai jebakan burung emprit.

Untuk memanfaatkan burung emprit yang terjaring, Darmiyanto memasak burung emprit menjadi sate emprit kemudian dijual. Bahan dari masakan sate emprit yaitu burung emprit yang dibakar kemudian diolah seperti masakan sate biaasanya.

Sebagai penyedap rasa, sebelum dibakar, sate emprit dikasih air yang tercampur dengan asam, gula merah, serta bawang putih. Setelah dibakar, dioles dengan bumbu sate, yakni kecap dicampur dengan sambal kacang.

"Dalam satu sunduk ada 2 daging burung emprit. Biasanya satu hari kami menyediakan 500 sampai 700 masakan burung emprit. Kalau hari raya biasanya kami menyediakan 1000 ekor burung emprit," ujar Darmiyanto.

Hingga 2013 ini, Darmiyanto telah membuka dua cabang depot sate emprit. Yaitu bertempat di kawasan simpang lima gumul dan daerah Pagu, Kabupaten Kediri. Selain diolah menjadi sate, ternyata burung emprit ini juga bisa diolah sebagai masakan krengsengan emprit, stiek emprit atau emprit goreg, serta emprit asam manis.

"Kalau satu porsi sate emprit ini dijual dengan harga Rp 16 ribu. Krengsengan emprit, emprit goring, emprit asam manis hanya Rp 12 ribu," kata Darmiyanto,  penjual sate emprit di Kediri.

Depot sate emprit ini setiap hari ramai dikunjungi para konsumen. Para konsumen ini tidak hanya berasal dari daerah Kediri saja. Namun dari Blitar, Malang, Tulung Agung, Jombang, tidak kalah ketinggalannya untuk menikmati makanan khas Kediri ini.

Siti salah satu warga Kediri yang berkunjung di depot sate emprit mengungkapkan,"Enak rasanya, membuat saya ketagihan untuk mengkonsumsi masakan sate emprit ini."

Selain rasanya yang lezat, ternyata sate emprit ini juga bermanfaat bagi kesehtan. Yakni dipercaya bisa menyembuhkan lemah jantung serta menambah stamina bagi tubuh. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati sate emprit masakan khas Kediri ini, silahkan berkunjung di depot Darmiyanto timur, Wisata Simpang Lima Gumul Kediri. (Muhammad Zidni, Dany Susanto, Harissatul Aulia).

Muhammad Zidni, Dany Susanto, Harissatul Aulia adalah kelompok 2 STIKOSA dan juga pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini