Sukses

Panglima TNI Minta Kogabpam Amankan KTT APEC di Bali

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di dampingi oleh Kasal, Kasau, Kapolri memimpin apel kesiapan Kogabpam KKT APEC 2013.

Citizen6, Denpasar: Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko di dampingi oleh Kasal, Kasau, Kapolri, Pangkogabpam, dan para Asisten Panglima TNI, serta para pejabat teras Kodam IX/Udayana, memimpin apel kesiapan Komando Gabungan Pengamanan (Kogabpam) KTT APEC 2013.
 
Hal tersebut  dalam rangka pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik atau Asia-Pacific Economic Coorperation (KTT APEC) 2013 di Bali, yang bertempat di Lapangan Puputan Niti Mandala Renon Denpasar, Kamis 26 September 2013. KTT ke-21 APEC ini dijadwalkan akan berlangsung pada 5- 8 Oktober 2013 di Bali.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko memeriksa dan mengecek secara langsung kesiapan personel dan materiil yang akan digunakan untuk mengamankan pelaksanaan APEC 2013. Mulai dari alat deteksi, komunikasi dan elektronika, persenjataan, serta perlengkapan khusus, termasuk kendaraan bermotor dan lapis baja yang dimiliki oleh TNI dan Polri yang dilibatkan dalam pengamanan KTT ke-21 APEC tahun ini.
 
Dalam pengarahannya, Moeldoko menegaskan keikutsertaan Komando Gabungan Pengamanan (Kogabpam) pada KTT APEC tahun ini. Yaitu Kogabpam harus dapat menjamin dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan berikut delegasinya selama berada di Indonesia, termasuk pengamanan terhadap Presiden RI beserta Ibu Negara.
 
"Tugas ini harus dipegang teguh dan dilaksanakan kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun, karena tugas ini sangat fundamental, yang langsung turut menentukan citra dan kehormatan bangsa dan negara Indonesia," kata Moeldoko.
 
Moeldoko juga memerintahkan agar pelaksanaan pengamanan secara proporsional dan professional pada tingkat pengamanan tertinggi bisa menampilkan yang terbaik, pengamanan yang prima dan nyaman, tindak tegas segala yang mengancam keamanan dan keselamatan jiwa para tamu peserta KTT APEC.

"Selalu waspada dan jangan lengah karena kemungkinan ancaman selalu ada. Di samping itu pula postur TNI-Polri akan selalu dilihat sejauh mana peran TNI dan Polri mampu menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan dalam event yang berskala internasional ini," tuturnya.
 
Pada hari yang sama, Moeldoko juga memimpin apel gelar pasukan TNI Kogartap III/Surabaya dalam rangka  pengamanan KTT ke-21 APEC 2013, di Lapangan Makodam V/Brawijaya, sebagai pasukan cadangan. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
             

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.