Sukses

Panglima TNI dan Kasad Terima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kasad Jenderal TNI Budiman, dan Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia, menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana

Citizen6, Jakarta: Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Budiman, dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI IB Putu Dunia, menerima Brevet Kehormatan Hiu Kencana di Pulau Pabelokan Kepulauan Seribu.

Sebelumnya didahului paparan Safety Briefing oleh PT CNOOC tentang beberapa peraturan di wilayah Pulau Pabelokan karena banyak daerah terlarang yang membahayakan.
 
Brevet tersebut disematkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Dr Marsetio di dalam kapal selam KRI Nanggala-402 yang menyelam di kedalaman 25 meter di bawah permukaan laut perairan Laut Jawa, pada Jumat 27 September 2013.

Pengangkatan Moeldoko sebagai warga kehormatan kapal selam adalah yang ke 125. Setelah dinobatkan menjadi warga kehormatan, Moeldoko melalukan pemeriksaan dan pengecekan serta mencoba mengoperasikan alat-alat yang ada di kapal selam, seperti periskop dan alat deteksi lainnya.
 
Kegiatan tersebut melibatkan KRI Yos Sudarso 353 dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) Didong Rio Duta, KRI Sutanto 377 sebagai Komandan Kapal Letkol Laut (P) Arya Daleno, KRI Barakuda 633 dengan Komandan Kapal Mayor Laut (P) Alferd Matews, KAL Yudhistira oleh Lettu Laut (P) Alan Ginanda, Heli U 415 dan 420 serta melibatkan dua Sie Raider Komando Pasukan Katak TNI AL untuk melakukan pengamanan di atas permukaan.
 
Dalam amanatnya, Marsetio menyatakan, Brevet Hiu Kencana merupakan simbul pengakuan terhadap profesionalisme prajurit kapal selam dalam taktik dan teknik peperangan bawah permukaan yang dapat menumbuhkan kebanggaan serta jiwa korsa bagi pemakainya. Tanda pengakuan kualifikasi khusus ini dapat menjadi pendorong semangat pengabdian serta peningkatan disiplin dan motivasi, untuk membawa satuan kapal selam menjadi satuan kebanggaan TNI Angkatan Laut yang selalu siap sedia mengemban tugas negara.

"Pada hakekatnya Brevet Kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan sekaligus penghargaan seluruh warga kapal selam dan jajaran TNI Angkatan Laut kepada tokoh-tokoh yang dipandang telah memiliki jasa, perhatian, perjuangan maupun pengorbanan bagi kejayaan TNI Angkatan Laut. Terutama yang telah ikut berpartisipasi demi kemajuan pengembangan kapal selam secara langsung maupun tidak langsung," ujar Marsetio.
 
Marsetio juga menyampaikan selamat dan apresiasi yang tinggi untuk mengangkat dan menerima dengan ketulusan serta keikhlasan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kasad Jenderal TNI Budiman dan Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia sebagai warga kehormatan Hiu Kencana. (Badarudin Bakri/Mar)

Badarudin Bakri adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.