Sukses

14 Kapal Perang TNI AL Siap Amankan KTT APEC di Bali

14 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) siap mengamankan kegiatan KTT APEC 2013.

Citizen6, Denpasar: Sebanyak 14 Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dari jajaran Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) siap mengamankan kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2013, yang bertempat di Nusa Dua Bali.

Rencananya, kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara dikawasan Asia Pasifik tersebut digelar selama kurang lebih satu Minggu, mulai tahap persiapan pada awal bulan Oktober dan berakhir pada 8 Oktober 2013.

Sejumlah kapal perang tersebut terdiri dari 2 kapal kombatan jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) KRI Slamet Riyadi-352, KRI Oswald Siahaan-354, 2 kapal SIGMA KRI Sultan Hasanudin-366, dan KRI Frans Kaisiepo-368. Kemudian satu Kapal Cepat Rudal (KCR) KRI Rencong-622, 1 Kapal Cepat Torpedo (KCT) KRI Singa-651, 2 kapal patroli cepat (Fast Patrol Bost) FPB KRI Sura-802, dan KRI Kakap-811 1 kapal penyapu ranjau KRI Pulau Rupat-724.

Selain itu didukung pula oleh kapal perang rumah sakit KRI dr Soeharso-990 dan kapal angkut pasukan Landing Form Dock (LPD) KRI Banda Aceh-593,  2 kapal patroli terbatas KRI Weling-822, dan KRI Pari-849.

Selain itu Satuan Tugas Pengamanan Laut atau Satgas PAM Laut di dukung juga dengan pasukan dan matrial tempur dari Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmatim berupa 6 kendaraan tempur air cepat atau Sea Rider, 1 Combat Bost, 6 perahu karet, didukung unsur udara 1 Heli Bell HU-417, 1 tim dokter dan tenaga medis, 2 tim penyelam tempur TNI AL, Pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir 2 Tank pendarat amfibi LVT-7, dan 6 Jetski.

Bertindak selaku Komandan Satgas Laut PAM KTT APEC XXI/13, yaitu Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Agung Pramono.

Tugas pokok gugus laut ini adalah, Satgasla beserta perkuatannya melaksanakan Opersi Aspek Laut meliputi Opersi Cegah/Tangkal serta melaksanakan penindakan di perairan Laut Bali, Selat Lombok dan Samudera Hindia dalam rangka mendukung tugas pokok Komando Gabungan PAM KTT APEC XXI/13 di Bali.

Seluruh unsur kekuatan laut telah disebar diberbagai sektor, mulai dari perairan dalam hingga garis pantai, kawasan pelabuhan, akses jalan tol serta tempat-tempat strategis lainnya. Kesiapan gugus laut telah digelar pada tahap latihan yang ditinjau langsung oleh ketua Penyelenggara KTT APEC XXI/13 Chairil Tanjung serta para pejabat Komando Gabungan (KOGAB) TNI di perairan Nusa Dua, Bali, Kamis 3 Oktober 2013.

Pada tahap persiapan telah digelar apel kelengkapan Pasukan Pengamanan (PAM) KTT APEC  dari jajaran TNI Polri pada 25 September 2013 di Lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar Bali. (Dispenarmatim/Mar)

Dispenarmatim adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini