Sukses

BEM KEMA FKG Unpad `Peduli Gigi`di Garut

Rangkaian kegiatan PPM FKG UNPAD meliputi panggung rakyat, penyuluhan kesehatan gigi dan pengobatan gigi.

Citizen6, Garut: Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran dibidang (BEM KEMA FKG UNPAD), pada 27 - 29 September 2013 kembali melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang bertempat di Desa Sukawargi dan Desa Margamulya, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Kegiatan PPM ini merupakan program rutin Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran dibidang pengabdian dalam tujuan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Rangkaian kegiatan PPM FKG UNPAD meliputi panggung rakyat, penyuluhan kesehatan gigi dan pengobatan gigi. Rangkaian tersebut merupakan suatu bentuk cara agar masyarakat dapat menerima dan memperoleh manfaat dari kehadiran para praktisi dokter gigi dan mahasiswa dalam menjalankan kegiatan pengabdian. 

PPM FKG UNPAD dibuka melalui kegiatan panggung rakyat pada hari jumat 27 september 2013 oleh Dokter Gigi Risti Saptarini Primarti dan dihadiri oleh kepala Desa Margamulya beserta jajarannya dan masyarakat desa. 

Pada hari kedua, dilanjutkan dengan kegiatan penyuluhan kesehatan gigi. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 04 Sukawargi, SDN 01 dan SDN 03 Margamulya. Peserta penyuluhan adalah seluruh siswa dan ibu-ibu PKK masyarakat desa setempat. Beberapa teknik penyuluhan yang dilakukan yaitu berupa games, presentasi, menyanyi dan gosok gigi bersama. Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat warga desa terhadap kesehatan gigi. Menurut Drg Syarif Hidayat, Ketua IDGIA (Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia), masih banyak orang yang tidak tahu cara membersihkan gigi dengan benar. Selain masalah teknik menyikat gigi yang salah, kebiasaan ngemil makanan manis di antara waktu makan utama turut memicu gigi berlubang.

Kegiatan puncak PPM FKG UNPAD dilaksanakan pada hari ketiga. Kegiatan pengobatan gigi yang dilakukan di 2 desa tersebut mendapat antusiasme yang tinggi dari warga Sukawargi dan Margamulya. Pengobatan berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga tengah hari pukul 12.30 WIB. Target pasien pengobatan gigi pada kegiatan tersebut berjumlah 400 pasien. Namun pada saat kegiatan pengobatan berlangsung total jumlah pasien melebihi jumlah target. Total jumlah pasien yang datang di 2 desa tersebut yaitu 447 pasien. Pengobatan gigi difokuskan pada pasien yang terindikasi untuk dilakukan pencabutan gigi dan penambalan gigi. 

Panitia utama pelaksana kegiatan ini adalah mahasiswa angkatan 2012 FKG UNPAD, dan dukung secara penuh oleh Dekan FKG UNPAD, Departemen Sosial BEM KEMA FKG UNPAD, BPM KEMA FKG UNPAD, PPM FOSIKAGI FKG UNPAD, dan seluruh staf dosen FKG UNPAD.

Mudah-mudahan dengan rutinnya dilaksanakan kegiatan pengabdian ini, tujuan Indonesia dengan gigi sehat dapat terkabulkan. Mari bersama kita peduli gigi Indonesia dengan dimulai dari peduli gigi sendiri. Sikat gigi minimal 2 kali sehari, gunakan pasta gigi berfloride, kurangi makan-makanan asam dan manis dan periksakan gigimu 6 bulan sekali. "Care your teeth for Care your life!" (tommy/kw)

*) Tommy adalah pewarta warga, bisa dihubungi via frahdiantommy@yahoo.com atau akun twitternya @tommyfrahdian

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini