Sukses

Menggoyang Lidah di Kota Seribu Klenteng, Singkawang

Kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat ini memang menyimpan segudang kekayaan kuliner.

Citizen6, Singkawang: Kota yang terletak di provinsi Kalimantan Barat ini memang menyimpan segudang kekayaan kuliner. Dengan julukan kota seribu klenteng sudah sepantasnya Singkawang menjadi destinasi utama ketika berlibur di pulau Kalimantan. Kota yang terdiri dari 3 suku mayoritas yaitu Tionghoa, Dayak dan Melayu akan membuat para penggila makanan terpukau dengan citarasa dari tiga budaya tersebut melebur menjadi satu, kuliner khas Singkawang.

1.Bubur Pedas
 
Terbuat dari berbagai macam rempah dan sayuran seperti kecambah, kangkung, dan kacang panjang. Ditaburi dengan kacang dan ikan teri goreng serta perasan jeruk limau. Sensasi pedasnya didapatkan dari daun kesum yang dicincang halus. Daun kesum itu cuma ada di daerah sini loh.

2. Bubur Gunting dan Bubur Tahu

Jangan takut untuk memakan bubur yang satu ini. Bubur gunting yang terletak di jalan Yos Sudarso menawarkan rasa yang “nyaman inyan” yang dari bahasa setempat yang artinya sama dengan “maknyusss”. Kacang hijau dikupas dicampur dengan kuah manis dan potongan cakwe yang udah digunting. Jangan lupa, cobain juga bubur tahu yang dijual disini rasanya juga “nyaman inyan”.

3. Sotong Pangkong dan Sotong Kangkung

Dua makanan unik dari olahan sotong. TIdak hanya unik dari rasanya tetapi juga cara mengolahnya. Sotong pangkong, sotong yang sudah dikeringkan lalu dibakar diatas arang dan setelah itu dipukul-pukul atau dipangkong dalam bahasa melayu daerah Singkawang. Berbeda halnya dengan Sotong kangkung. Sotong yang telah direbus dipotong memanjang dan disajikan bersama sayur kangkung yang telah direbus. Setelah itu, dituangi kuah kanji yang telah dicapur asam jawa dan ditaburi kacang tanah. Kalau ingin pedas, cukup ditambahi dengan cabe rawit yg telah digiling, air dan cuka tanpa garam dan bawang putih. Cabe diracik special oleh penjualnya. Sotong Pangkong dan Sotong Kangkung 111 yang terletak di belakang pasar turi terkenal enak banget loh.

Tertarik untuk mencobanya? Rasanya yang gurih, manis, asem dan asin pastinya mampu mengundang anda untuk terus mencicipi lagi dan lagi. Memanjakan lidah dan menikmati sensasi makanan yang luar biasa adalah hal yang wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung ke Sinngkawang. (Uray Dewi Utami/ kw)

Uray Dewi Utami adalah pewarta warga.

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise
eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.