Sukses

Legitnya Sale Pisang Anggur Khas Pacitan

Pacitan bukan hanya memiliki destinasi wisata alam yang berupa goa maupun pantai, namun juga dikenal dengan makanan khasnya.

Citizen6, Pacitan: Pacitan merupakan Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dan memiliki keeksotikkan panorama wisata yang sudah diketahui banyak masyarakat dari dalam maupun luar Pacitan. Dikenal dengan sebutan Kota 1001 satu Goa ini, Pacitan bukan hanya memiliki destinasi wisata alam yang berupa goa maupun pantai, namun juga dikenal dengan makanan khasnya.

Banyak terdapat makanan khas Pacitan, salah satunya adalah sale anggur. Mendengar kata "Sale Anggur", pasti terbesit dibenak kita adalah makanan yang berbahaan dasar buah anggur. Namun, akan berbalik fakta jika melihat langsung makanan  tersebut. Walaupun namanya sale anggur, makanan khas Pacitan ini berasal dari buah pisang.

Mengapa dikatakan sale anggur jika terbuat dari buah pisang? Karena dalam pengemasan makanan ini dibuat menyerupai bentuk anggur yang bulat dan berukuran kecil. Unik kan? Untuk cara pembuatannya, bisa dikatakan susah-susah gampang. Tapi, jika sudah sering membuatnya akan terasa mudah dan ringan. Bagi Anda yang berminat mencobanya, berikut ini cara membuatnya, karena bahannya sangat sederhana dan mudah didapat.

Pertama,pisang diiris tipis dan dijemur selama kurang lebih 3 hari untuk menghilangkan kadar air yang ada di dalam pisang. Setelah kering, pisang disterilkan dari bakteri selama 4 jam di dalam oven atau pisang sampai benar-benar kering. Setelah dingin pisang dibentuk bulat.

Untuk membentuk 1 butir sale pisang ini membutuhkan 4 lembar pisang. Selanjutnya , sale pisang dililit dengan plastik bening. Agar menarik, dibungkus dengan kertas klep dan dibungkus sekali lagi dengan plastik bening, kemudian disusun menyerupai anggur.
 
Sale Pisang ini tahan lama hingga mencapai 6 bulan, karena sudah dikeringkan dan dikurangi kadar airnya. Proses pengeringan menjadi faktor yang sangat mempengaruhi keawetan sale pisang. Hampir semua jenis pisang bisa digunakan sebagai bahan dasar. Namun pisang yang paling bagus adalah pisang awak dan pisang raja. Jenis pisang tersebut mempunyai rasa yang legit. Mudah kan cara membuatnya?

Namun perlu diketahui, saat akan memakan sale anggur harus sabar, karena dibungkus dengan pembungkus yang bersusun banyak. Atau bagi yang tidak sabar, alternatifnya adalah menggunakan gunting ataupun pisau. Selamat mencoba dan semoga berhasil. (Frendi Setiawan Pradikdo/Mar)

Frendi Setiawan Pradikdo adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Facebook: Frendi's TiOne Pacitan dan Twitter: @frendiFRIEND

Mulai 30 September-11 Oktober ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Oleh-oleh Khas Kotaku". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini