Sukses

Keripik Pisang Waffle yang Renyah Khas Lampung

Provinsi Lampung terkenal sebagai penghasil pisang. Pohon pisang banyak diolah menjadi beragam jenis olahan makanan, salah satunya keripik.

Citizen6, Lampung: Way Kambas, Taman Nasional berpenghuni hewah besar berbelalai ini berlokasi di provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, Lampung. Seperti daerah-daerah lain di Indonesia, provinsi yang lebih dikenal dengan gajahnya ini juga memiliki beberapa keunikan, baik dari segi wisata alam, kain khas, maupun kulinernya.

Berkunjung ke provinsi Lampung, Anda tidak akan menemukan daerah sejenis Jalan Malioboro, ikon legendaris Kota Yogyakarta, atau tempat rekreasi keluarga setenar pantai Ancol dan Dunia Fantasi di Jakarta. Tetapi Taman Nasional Way Kambas yang menjadi rumah bagi sekitar 200 gajah Sumatera ini patut dijadikan daftar a-must-visited sebagai tempat rekreasi edukasi keluarga.

Selain itu, provinsi Lampung terkenal sebagai penghasil pisang. Pohon pisang banyak diolah masyarakat menjadi beragam jenis olahan makanan, salah satunya keripik. Oleh karena itu, salah satu hal wajib yang tepat dijadikan buah tangan dari provinsi ini adalah keripik pisang. Eitss, bukan hanya keripik pisang gurih atau manis yang biasa, tetapi Lampung juga terkenal dengan keripik pisang beragam rasa. Mulai dari rasa coklat, keju, susu, moka, melon, barbeque, balado, dan lain-lain.

Bentuk keripik yang dibuat pun tidak melulu berupa irisan tipis seperti keripik pada umumnya. Ada keripik pisang yang dibuat dengan cetakan khusus sehingga bentuknya seperti potongan waffle. Walaupun berbentuk waffle tebal, Anda tidak perlu khawatir, karena keripik pisang ini tetap terasa renyah saat dikunyah. Unik sekali, bukan?

Jika Anda berkunjung ke provinsi Lampung, terutama ke ibukota provinsinya, Bandar Lampung, untuk mendapatkan buah tangan berupa keripik pisang, Anda bisa mengunjungi kawasan sentra industri keripik yang berada di Gang PU Rajabasa. Di kawasan ini, di kanan-kiri jalan banyak terdapat toko yang menjual oleh-oleh khas Lampung, terutama keripik pisang beragam rasa. Dengan harga rata-rata sekitar Rp 40 ribu per kilonya, Anda bisa membeli keripik pisang beragam rasa sesuai kebutuhan. Karena biasanya para penjual, menjualnya mulai dari per empat kilo dan seterusnya. Bahkan, Anda juga bisa mencicipi rasanya sebelum memilih jika disediakan tester-nya.

Selain di kawasan sentra industri Gang PU dan sepanjang jalan Lintas Sumatera dari kota Bandar Lampung menuju pelabuhan Bakauheni, Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh keripik pisang beragam rasa yang sudah dikemas dalam bentuk kemasan beberapa merk terkenal di sebagian besar supermarket di kota ini.

Keripik pisang sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk kerabat maupun camilan di rumah sendiri. Taburan bumbu rasa keju, coklat, dan sebagainya membuat Anda tidak ingin berhenti untuk terus mengunyah setiap kepingnya. Jadi, selain mengunjungi Taman Nasional Way Kambas, jangan lupa membeli oleh-oleh keripik pisang saat berkunjung ke Lampung, ya! (Fitriana Hastika/Mar)

Fitriana Hastika adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @Fitrhastika

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini