Sukses

Tugas Citra Bhayangkara `Sejajar`dengan Polisi

Tugas warga Citra Bhayangkara (CP) sebagai mitra Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sejajar dengan anggota polisi.

Citizen6, Tangerang - Tugas warga Citra Bhayangkara (CP) sebagai mitra Kepolisian Republik Indonesia (Polri)  sejajar dengan anggota polisi.  Peran CP sebagai bentuk tanggung jawab masyarakat sangat dirasakan untuk membantu Polri menjalankan tugasnya menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan. Peran CP sebagai Pengamanan (Pam) Swakarsa diatur dalam Undang-undang Kepolisian Republik Indonesia sebagaimana Polisi Pamongpraja.

Hal ini dikatakan  Kepala Unit Pembinaan Masyarakat (Kanit Binamas) Kepolisian Sektor (Polsek) Polsek Curug Kabupaten Tangerang Banten, IPDA Ketut Darmika,  pada serah  terima jabatan (sertijab) Ketua CP Jajaran 27 dengan otoritas wilayah Kelurahan Binong, Sutino,  yang usai masa jabatannya dan oleh digantikan oleh  Sugiarto.

“Tugas polisi dan anggota Pam Swakarsa  diatur dalam Undang-undang Kepolisian  dan sejajar dalam mencari solusi masalah Kamtibmas. Namun Citra Bhayangkara tidak dapat melakukan penahanan  kecuali pada penjahat yang tertangkap tangan. Sebagai Pam Swakarsa tugasnya sejajar dengan anggota polisi. Saya sendiri selaku Kanit Binamas kalau mau menangkap dan menahan tersangka harus mendapat surat pelimpahan dari Kapolsek,” ungkap Ketut pada acara yang berlangsung di Pos Kemanan Terpadu Kelurahan Binong , Selasa 15 Oktober 2013.    

Acara yang ditandai dengan sosialisasi sesepuh Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdarkamtibmas) CP H Yasmin itu dihadiri Kepala Pos Polisi Kemanan Terpadu, H Masduki dan Ketua Forum RW Bambang Hermanto yang diakhiri dengansilaturahmi dan makan malam bersama. 

Di hadapan warga yang biasa menggunakan alat komunikasi  handy talky, Ketut mengakui  perna penting CB  dalam pemberikan informasi keamanan dan ketertiban di masyarakat. terkait terbatas personil  Polri, dia mengakui CP dapat membantu membantu tugas-tugas Polri  dalam mengamankan tempat kejadian perkara (TKP),  menangkap pelaku kejahatan  yang tertangkap tangan sebelum diserahkan kepolisian.

Untuk itu mantan anggota Binamas dan salah seorang yang membidani lahirnya CP di Kecamatan Curug itu mengakui kerjasama kepolisian dan masyarakat selama ini telah berjalan dengan baik. Namu ia tetap meminta kedepan semua pihak bersama-sama mencari terobosan atau jalan yang terbaik dalam pemecahaan masalah (solving problem) Kamtibmas di Kawasan Binong.

“Tugas kepolisian yang bisa dibantu masyarakat seperti dalam mencegah dan menghalangi pencurian sepeda motor. Apalagi curanmor saat ini mengarah pada perampasan dan Kelurahan Binong sendiri sebagai  permukiman penduduk terpadat di Asia yang riskan dengan beragam modus kriminal. Dengan adanya Pos Kemananan Terpadu Binong  yang dibantu anggota Citra Bhayangkara dan masyarakat lainnya,  semoga menjadi  lumbung ibadah  seperti halnya amal membuang duri di jalan,” harap Ketut.

Sementara itu,   Sugiarto sebagai ketua baru CP jajaran 27 sekaligus ketua RW 07 Kelurahan Binong mengakui tugas barunya sebagai  amanah jabatan yang harus dijalankan sungguh-sungguh. Disampaikannya, sekalipun kegiatannya sebagai warga masyarakat dan pribadi  sangat banyak, tapi ingin bermanfaat bagi masyarakat. Prinsipnya, meskipun orang memadai dan mapan tidak ada artinya kalau tidak bermanfaat bagi masyarakat.
 
“Sebagai Ketua Citra bhayangkara yang baru saya siap dengan ikhlas membantu membantu Polsek Curug dalam menciptakan Kamtibmas. Tak hanya itu, saya juga berharap Citra Bhayangkara dapat berperan dalam kegiatan sosial seperti partisipasi pada bencana alam.  Untuk itu saya akan menonaktifkan anggota tidak aktif, dan akan melakukan penambahan anggota dari warga yang proaktif seperti Linmas (Perlindungan Masyarakat) RW (Rukun Warga) dan anggota Ormas (Organisasi Kemasyarakatan),” janji Sugiarto. (Edy Syahputra Tanjung/kw)   

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.