Sukses

Banyuwangi Tour de Ijen 2013 Siap Digelar

Lomba balap sepeda International Banyuwangi Tour de Ijen merupakan perlombaan yang memadukan olahraga dan wisata berbasis keindahan alam.

Citizen6, Banyuwangi: Lomba balap sepeda International Banyuwangi Tour de Ijen (BTDI) yang memadukan antara olahraga dan wisata berbasis keindahan alam atau sport tourism akan kembali digelar pada 2-5 November 2013.

Saat pertama kalinya digelar tahun lalu, BTDI sukses mencuri perhatian dunia olahraga balap sepeda internasional sekaligus bisa mendatangkan ribuan wisatawan ke Banyuwangi. Event balap sepeda dunia tersebut sudah masuk agenda rutin (calendar of event) Persatuan Balap Sepeda Internasional Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI).

Tahun ini, BTDI diikuti 15 tim luar negeri dan 6 tim dalam negeri. Termasuk di dalamnya 3 tim pro-continental sebagai syarat maksimal penyelenggaraan kompetisi balap sepeda 2.2. Nama-nama punggawa balap sepeda seperti Gader Mizbhani, pebalap terbaik Asia dari Iran serta pebalap nasional Hari Fitrianto yang bergabung dengan CCN Brunei ikut meramaikan kompetisi ini.

"Pada BTDI tahun ini jumlah pembalap lebih banyak, serta kualitasnya lebih bagus dibanding tahun lalu," kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Jika pada tahun lalu BTDI menyuguhkan 3 stage, tahun ini terjadi penambahan rute menjadi 4 stage. Tentunya ini menambah panjang lintasan yang harus dilalui oleh para pebalap, yaitu mencapai 606,5 kilometer, melewati semua kecamatan (24 kecamatan) yang ada di Banyuwangi.

Stage pertama dimulai dengan circuit race di dalam kota Banyuwangi. Mengambil start di Jalan A Yani, tepat di depan kantor Bupati, ratusan pembalap akan menempuh 12 lap sepanjang 129,9 kilometer. Rute yang cenderung landai pada etape ini seolah menjadi arena pemanasan bagi para pembalap sebelum melalui stage selanjutnya yang lebih menantang.

Pada stage kedua, ratusan pembalap BTDI akan memacu pedal sepedanya dari Stadion Garuda Bajulmati, Wongsorejo menuju Pulau Merah sejauh 189,6 kilometer. Pada rute ini, selain mengandalkan kecepatan, para pembalap juga harus mengeluarkan kemampuan ekstra untuk memenangkan race. Sebab, rute yang naik turun dan panjang bakal menjadi jalur neraka yang cukup menguras tenaga. Di sepanjang jalan, pebalap disuguhi view persawahan dan perbukitan yang asri. Para pebalap akan finish di Pantai Pulau Merah yang memiliki panorama dan ombak menawan.

Di stage ketiga, para pebalap akan melalui rute Kecamatan Jajag-Genteng sepanjang 115,7 km. Di jalur ini tantangan tidak seberat etape sebelumnya meski tetap melalui kawasan perbukitan. Rute ini memberi kesempatan bagi pembalap untuk kembali membuktikan skill-nya dalam beradu cepat balap sepeda.

Stage keempat dan juga terakhir dengan rute Kecamatan Kalibaru-kawasan Kawah Ijen kembali menyuguhkan jalur neraka bagi pebalap. Rute sepanjang 171,3 kilometer ini tidak hanya menyuguhkan jalur yang panjang, tapi juga rute tanjakan dan kelokan yang curam. Sejuknya hawa khas pegunungan di kawasan Kawah Ijen di rute ini tidak lantas mengurangi beratnya medan, melainkan justru semakin menantang ketangguhan para racer karena telah terbukti menjadi rute paling sulit dan melelahkan bagi para pebalap BTDI tahun lalu.

"Banyak diyakini bahwa rute menuju kawasan Kawah Ijen ini adalah yang terbaik di Asia untuk tanjakan balap sepeda," ujar Anas.

Untuk ajang ini, Pemkab Banyuwangi menyediakan hadiah ratusan juta rupiah dengan nilai total Rp 700 juta, naik hampir dua kali lipat dari tahun kemarin.

Ketua Panitia BTDI Guntur Priambodo menambahkan, atas perolehan nilai absolut pada penyelenggaraan BTDI tahun lalu yakni 85, UCI pun meninggikan standar pelaksanaan BTDI dengan memberikan tambahan syarat pada event kali ini. Tambahan syarat itu adalah penilaian anti-doping bagi pemenang pertama sampai ketiga.

"Nantinya hasil tes doping akan dikirim ke India untuk diratifikasi," kata Guntur. (Rully Anwar/mar)

Rully Anwar adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: @rullyanwar

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini