Sukses

Kaya Akan Segala Hal, Itulah Indonesiaku

Kaya akan segala hal, itulah 4 kata yang mampu mendeskripsikan bagaimana negeri ku Indonesia.

Citizen6, Bekasi: Kaya akan segala hal, itulah 4 kata yang mampu mendeskripsikan bagaimana negeri ku Indonesia. Berjuta-juta pulau dari ujung barat sampai timur, dengan miliaran penduduk yang mampu memenuhi kebutuhan mereka dari sumber daya alam yang terhampar luas di lingkup wilayah Indonesia. Berbicara mengenai sumber daya alam, berbicara pula mengenai siapa yang mengendalikan sumber daya alam itu. Tentunya masyarakat Indonesia.

Dengan ciri khas dan keistimewaan kebudayaan yang dimiliki, membuat nama Indonesia semakin bersinar di kancah dunia Internasional. "Aku sebagai salah satu manusia yang bernafas di bumi Indonesia, sangat sekali mencintai, Indonesia," ungkap Ajeng yang tinggal di daerah Bekasi ini.

Alasan pertama mengapa Ajeng sangat mencintai Indonesia ialah mengenai keadaan alam di dalamnya. "Bagaimana tidak, siapa warga negara yang tidak bangga apabila negaranya memiliki keadaan alam yang sangat indah? Pasti tidak ada," jelas Ajeng. Ajeng juga mencontohkan Bali, Raja Ampat, dan Pulau Komodo yang merupakan sebagian kecil dari Indonesia yang belum di eksplor keindahannya.

Alasan kedua, masyarakatnya yang sangat ramah, walaupun dengan orang yang tak mereka kenal sekalipun. Beberapa orang luar negeri yang ditemui Ajeng mengatakan, orang-orang di Indonesia sangat ramah. Apalagi kalau berkunjung ke pedesaan, masyarakatnya sangat ramah dan sopan. Selain itu, di ruang lingkup kekerabatan pun Indonesia lebih ramah dibanding negara manapun, contohnya, kata sapa "kak" untuk menyapa kepada yang lebih tua atau akrabnya menggunakan kata "mas" atau "mbak".

Alasan ketiga, there are too many talented people in Indonesia. Sebut saja Agnez Monica sampai boyband SM*SH yang telah tembus dunia Internasional. Berbicara talenta, memang bukan opini lagi kalau orang-orang Indonesia adalah pribadi yang multitalenta, contohnya saja para pemain bola mampu menjadi bintang model pada salah satu iklan swasta, padahal basic mereka bukan seorang bintang model; para remaja di Indonesia mampu dengan fasih bernyanyi dengan bahasa luar negeri. Misalnya saja dengan bahasa Jepang, Korea ataupun Inggris. Padahal belum tentu mereka bisa bernyanyi dengan fasih dalam bahasa Indonesia.

Alasan kempat adalah Pancasila. Pancasila merupakan salah satu dari 4 ideologi yang ada di bumi ini. Apa yang istimewa dari Pancasila? Pancasila lahir dari kebudiluhuran masyarakat Indonesia dan juga berasal dari cita-cita besar bangsa Indonesia. Dengan kata lain Pancasila lahir dari pikiran-pikiran para cendikiawan.

Alasan kelima. Pendidikan di Indonesia memang masih morat-marit, tapi skema belajar mengajar di Indonesia masih mampu membuat kita bernafas lega. Karena untuk pelajar Sekolah Menengah Atas di Indonesia, diterapkan sistem belajar 12 jam, sedangkan di Korea menerapkan sistem belajar 18 jam di sekolah. Walaupun sistem ini mampu melahirkan warga negara yang cerdas, angka kematian yang dilakukan pelajar usia SMA di Korea terbilang sangat tinggi.

Alasan terakhir aku cinta Indonesia adalah kesederhanaannya. Wanita indonesia cantik dan mampu mensyukuri kecantikan mereka. (Ajeng Fadilah Budi Retna Putri/mar)

Ajeng Fadilah Budi Retna Putri adalah pewarta warga.

Mulai 16 Oktober-1 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "6 Alasan Aku Cinta Indonesia". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.