Sukses

Cinta Indonesiaku

Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar dan terindah di dunia.

Citizen6, Jember: Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar dan terindah di dunia, yaitu suatu negara yang dikaruniai oleh keindahan alam yang luar biasa oleh Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia juga tumbuh menjadi negara yang aman dan tentram bagi rakyat yang tinggal di dalamnya. Semakin banyak rakyat Indonesia yang semakin puas dan mulai betah dengan kehidupan di negeri ini, sejalan dengan perbaikan dan usaha seluruh warganya untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan di berbagai bidang kehidupan di negeri ini. Semakin baik kualitas pelayanan publik, maka semakin banyak pula masyarakat yang  cinta kepada negerinya.

Berjuta-juta pulau yang indah berjajar di Indonesia, beragam suku bangsa dan ras hidup berdampingan secara damai, toleransi, dan saling tolong menolong, adalah suatu keindahan Indonesia yang tak bisa dibeli dengan apapun dan tidak dimiliki oleh negara-negara lain.

Begitu banyak cerita dan kisah tradisi khas Indonesia yang melekat dan bahkan menjadi sesuatu yang ditunggu dan dirindukan oleh setiap masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi salah satu nilai positif bagi negara ini. Toleransi antar umat beragama, suku, ras, dan status sosial menjadi salah satu harga mati yang dimiliki negeri kita ini. Hal itu pun mampu menambah kenyamanan setiap warga yang tinggal di Indonesia.

Begitu banyak hal yang dapat dijadikan alasan bagi rakyat Indonesia untuk mencintai negerinya. Setiap warga Indonesia yang tinggal di negeri ini pun memiliki ceritanya masing-masing dan berbeda satu sama lain terhadap kenangan mereka dengan kebudayaan Indonesia yang sangat mereka cintai. Bahkan warga Indonesia yang merantau ke luar negeri pun pasti merindukan cerita indah mereka bersama negeri yang mereka cintai.

Berikut 6 alasan yang patut untuk mencintai negara Indonesia, negeri tercinta:

1. Rasa toleransi yang tinggi antar sesama warga negara

Indonesia merupakan negara yang menghormati perbedaan. Indonesia juga merupakan negara yang menjunjung tinggi hak asasi manusia. Inilah yang bisa membuat penduduk Indonesia memiliki beragam agama, suku bangsa, ras, budaya, namun tetap hidup berdampingan dengan tenang dan saling menghormati satu sama lain. Hal ini sesuai dengan pasal 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, yang salah satu isinya mengatakan,"Bahwa manusia, sebagai mahluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang mengemban tugas  dan memelihara alam semesta dengan penuh ketaqwaandan penuh tanggung jawab untuk kesejahteraan umat manusia, oleh pencipta-Nya dianugerahi hak asasi untuk menjamin keberadaan harkat dan martabat kemuliaan dirinya serta keharmonisan lingkungannya."
    
Hal ini menegaskan, Indonesia merupakan negara yang menjunjung tinggi persamaan hak dan derajat di antara umat manusia tanpa kecuali. Sehingga setiap penduduk yang tinggal di Indonesia bisa merasa tenang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari dan nyaman bisa hidup berdampingan dan saling toleransi tanpa memandang perbedaan yang ada di masyarakat.

Ini pula yang membuat Indonesia begitu dicintaibanyak orang baik dari dalam maupun luar negeri, karena rasa toleransi yang tinggi di negara Indonesia. Oleh sebab itulah banyak warga negara Indonesia merasa nyaman untuk tinggal dan hidup berdampingan di bumi Indonesia dengan berbagai perbedaan yang dimiliki umat manusia di dunia.

2. Keindahan dan keasrian alamnya

Keindahan dan keasrian alam yang alami dan begitu menakjubkan sudah tidak dapat diragukan lagi dan telah diakui oleh dunia. Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang terletak di sekitar garis ekuator yang daerahnya mendapat pencahayaan sinar matahari yang intensitasnya cukup tinggi sepanjang tahunnya. Hal ini membuat berbagai tumbuhan dapat tumbuh subur di negara ini karena adanya sinar matahari dan air yang cukup. Begitu pula dengan daerah dataran tingginya yang banyak ditumbuhi oleh tumbuhan hijau dan perkebunan luas yang indah. Di tambah lagi daerah pesisirnya yang tenang, sejuk dan indah karena keasrian alamnya yang masih terjaga kealamiannya.

Keindahan dan keasrian alam yang begitu menakjubkan di Indonesia ini, merupakan salah satu yang terbaik di dunia, dan sangat berpengaruh dalam kemajuan dan kemandirian bangsa ini. Oleh karena itu tanggung jawab kita sebagai warga negara tentunya adalah menjaga dan melestarikannya untuk kehidupan anak cucu kita kelak.

3. Kekayaan budaya dan adatnya yang tetap terjaga

Selain kekayaan alam Indonesia yang melimpah, kekayaan adat dan budaya di Indonesia pun tak kalah populer, karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan kekayaan adat dan budaya terbesar di dunia. Keragaman adat budaya khas Indonesia ini pun dirasa mampu mengikat dan neningkatkan hubungan kekeluargaan antar warga negara di Indonesia. Keragaman budaya ini juga dapat meningkatkan rasa cinta kita kepada tanah air. Buktinya, banyak dari warga negara Indonesia yang pergi ke luar negeri yang merindukan adat budaya di Indonesia.

Keragaman adat budaya Indonesia meliputi tarian daerah, kesenian daerah, adat lokal atau bahkan makanan dan minuman khas suatu daerah, tidak hanya dikenal di Indonesia saja. Banyak di antaranya yang telah popular atau bahkan terbaik di mata internasional. Contohnya perayaan Jember Fashion Carnival (JFC) yang rutin dilaksanakan di bulan Agustus sebagai peringatan kemerdekaan Indonesia.

Begitu kayanya kebudayaan Indonesia yang sangat membanggakan. Oleh karenanya, menjadi tanggung jawab kita semua untuk ikut melestarikannya.

4. Menjunjung tinggi tata krama dan kesopanan kepada sesama warga negara

Tata krama dan budi pekerti yang luhur, merupakan salah satu yang mengenalkan Indonesia di mata dunia. Tata krama dan budi pekerti luhur yang telah diwariskan selama turun menurun oleh nenek moyang bangsa Indonesia ini, membuat Indonesia menjadi negara yang dikenal bangsa yang ramah dan rendah hati.

Indonesia yang sangat menjunjung tinggi tata krama pun senantiasa mengikatkan dan selalu menegakkan keadilan yang nyata terhadap pelanggar norma kesopanan di masyarakat, baik dengan diingatkan maupun dengan sanksi sosial yang berlaku di masyarakat. Hal ini tentunya membuat seluruh masyarakat nyaman tinggal di Indonesia karena tata krama dan budi pekerti luhur yang di junjung tinggi bangsa Indonesia. Sanksi yang diberikan kepada pelanggar norma di Indonesia yang membuat setiap pelakunya untuk mempertimbangkan matang-matang tentang perilakunya inilah yang menjadi simbol bentuk hubungan sosial di Indonesia yang kental akan adat budaya khas Indonesia.

5. Rasa sosial dan kemanusiaan yang tinggi dalam masyarakatnya

Mencintai negara tercinta kita Indonesia, juga diartikan mencintai masyarakat dan warga negara Indonesia. Masyarakat Indonesia memang telah memiliki jiwa gotong royong dan jiwa peduli sesama yang tinggi, dan hal tersebut tidak sulit untuk ditemukan dalam menjalani kehidupan di negeri kita Indonesia tercinta ini.
 
Jiwa sosial masyarakat Indonesia ini tentunya berbeda dengan jiwa sosial bangsa lain. Jiwa sosial bangsa Indonesia lebih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat, bahkan mungkin telah ada seperti kebudayaan dan tata krama yang telah diajarkan sebelumnya tentang berhubungan dengan orang lain. Jiwa sosial antar warga negara Indonesia tergambar seperti hubungan antar tetangga, antar desa dan dalam lingkup yang lebih luas lagi. Contohnya kesediaan masyarakat Indonesia untuk gotong royong membantu sesama demi kepentingan bersama, seperti membangun jembatan, membantu mewujudkan lapangan kerja di masyarakat melalui usaha bersama, memecahkan masalah bersama dalam lingkup tetangga, gotong royong membangun masjid, membantu warga yang kurang beruntung, dan masih banyak lagi contoh jiwa sosial nyata yang memang terjadi di masyarakat kita.
    
Jika dibandingkan dengan negara lain, banyak dari negara-negara barat yang kehidupannya cenderung individualis, dan mungkin hanya dapat membantu pada saat-saat tertentu saja. Beda dengan orang Indonesia yang telah terbiasa untuk saling peduli kepada sesama. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita bangga menjadi warga negara Indonesia, karena telah menjadi anggota dari sebuah bangsa yang besar dan memiliki perilaku dan kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam masyarakatnya.

6. Negara hukum yang menjunjung tinggi keadilan antar warga negara

Indonesia merupakan salah satu negara yang begitu menegakkan keadilan di masyarakat, seperti yang tercakup dalam ideologi bangsa kita yaitu pancasila. Perwujudan sikap menjunjung tinggi keadilan ini munculnya dari dalam jiwa bangsa Indonesia itu sendiri yang mencintai perdamaian. Segala tata cara penyelenggaraan hukum di Indonesia pun mengacu dari ideologi negara yang berupa cita-cita luhur bangsa, perasaan dan kepribadian asli bangsa Indonesia itu sendiri.

Dengan adanya hukum yang begitu mengikat antar masyarakat ini, menyebabkan tentunya memberikan efek rasa aman bagi penduduk Indonesia yang tinggal di negeri dengan aman, nyaman dan tentram. Dengan begitu besarnya manfaat hukum yang ditegakkan di negeri ini, mampu mengendalikan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik dan tentunya untuk mencapai cita-cita bangsa Indonesia, yakni mewujudkan suatu negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur. (Shelfy Rahma A.S/mar)

ShelfyRahma A.S adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini