Sukses

Indonesia Kaya akan Sumber Daya Manusia

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya manusianya (SDM) dan keberagaman budayanya.

Citizen6, Malang: Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya manusia (SDM) dan keberagaman budayanya. Selain memiliki berbagai hal positif, negara ini juga memiliki pengaruh negatif, bahkan bisa dikatakan memalukan, seperti para koruptor yang semakin merajalela. Meskipun demikian, kita sebagai penerus bangsa wajib mempunyai rasa kecintaan terhadap negeri ini.

Berikut alasan-alasan yang diambil dari hasil survei yang melibatkan para generasi penerus bangsa:

1. Indonesia negaraku

Siapa yang tidak mencintai negarannya? Sudah pasti mencintainya. Apalagi jika negara tersebut memiliki keindahan alam yang telah mendunia, seperti Indonesia.

2. Lahir dan dibesarkan di Indonesia

Lahir dan dibesarkan di negara ini mempunyai kebanggan tersendiri. Bagaimana tidak? Dilahirkan di negara yang mempunyai aneka ragam kuliner yang lezat, seperti opor ayam, sate, rendang, masakan padang, lalu memilki pariwisata yang indah, flora dan fauna, dan sebagainya, pastinya bangga menjadi orang Indonesia.

3. Indonesia punya budaya-budaya unik yang diakui sebagai jati diri Indonesia

Contohnya batik dan Candi Borobudur. Dinilai masuk ke dalam kriteria budaya karena mewakili mahakarya kreatifitas manusia.  

4. Indonesia memberikan pelajaran hidup

Baik itu berupa pengalaman, pengetahuan seputar budaya, tradisi, toleransi dan solidaritas antar umat beragama, dan masih banyak lagi.

5. Alasan mencintai Indonesia adalah karena mencintai Indonesia

6. Indonesia memilki berbagai keunikan

Meskipun berbeda suku, adat-istiadat, agama, dan bahasa, masyarakat Indonesia tetap hidup rukun, damai, dan saling menerima perbedaan.

Untuk itu kita sebagai warga Indonesia khususnya para generasi muda, diharuskan menjaga dan melestarikan budaya Indonesia agar menumbuhkan rasa bangga terhadap Negara sendiri. Karena kalau bukan kita siapa lagi ? (Ismii Nur Ahyaa/mar)

Ismii Nur Ahyaa adalah pewarta warga yang bisa dihubungi lewat akun Twitter: https://twitter.com/ahyaa_IN( @ahyaa_IN ), Facebook: https://www.facebook.com/izsmeeyi.blacksweatd, dan Blog: ismynahya.blogspot.com

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.