Sukses

Bangga Menjadi Bagian dari Indonesia

Zaman sekarang banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang semakin hari semakin kecewa dengan negerinya sendiri.

Citizen6, Banjarmasin: Zaman sekarang banyak sekali pemuda-pemudi Indonesia yang semakin hari semakin kecewa dengan negerinya sendiri. Beberapa di antaranya karena masalah korupsi di pemerintahan, kemiskinan, nilai rupiah yang semakin menurun, kejahatan, kemacetan, dan lain-lain. Mereka seperti lupa bahwa Indonesia memilki sejuta macam hal yang bisa membuat mereka jatuh cinta. Berikut adalah 6 dari banyak hal yang membuat orang Indonesia jatuh cinta pada Tanah Air:

1. Kerukunan Agama

Indonesia adalah salah satu  negara yang memilki kerukunan antar umat beragama paling baik di dunia. Jarang sekali ditemukan di dunia hari libur nasional untuk hari besar setiap agama dan dihadiri oleh presiden dan wakilnya. Selain itu jika ada permasalahan atau penyimpangan dalam agama, masyarakat Indonesia akan secepat mungkin untuk menyelesaikannya. Contohnya, ajaran Lia Eden yang langsung ditangani oleh kepolisian.

2. Makanan

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas daerah masing-masing. Makanan Indonesia biasanya terdiri dari nasi, lauk sayur dan sambal yang menjadi ciri khas makanan sehari-hari.  Bahannya yang sederhana dan mudah didapat tidak menurunkan level kelezatan rasa makanan tersebut. Seperti rendang yang menjadi nomor 1  dan nasi goreng di peringkat ke-2 makanan terlezat versi CNN di dunia pada tahun 2011.

3. Keramahan

Salah satu yang paling melekat bagi wisatawan yang datang ke Indonesia adalah keramahan masyarakatnya. Wisatawan akan disambut dengan hangat dan ini membuat mereka merasa di lingkungannya sendiri. Keramahan ini bisa ditunjukkan dengan sikap murah senyum, dan jika ada orang asing atau bukan yang menanyakan jalan, maka orang Indonesia akan menjelasakannya dengan senang hati.

4. Pesona Alam

Indonesia memiliki alam yang sangat indah, seperti gunung, hutan, dan pantai. Contohnya pulau Bali yang menyajikan pemandangan yang sangat indah sehingga menjadi salah satu objek wisata yang sangat di minati para turis. Selain itu, Indonesia juga memilki beragam jenis fauna dan flora. Hewan dan tumbuhan langka banyak ditemukan di Indonesia, contohnya Komodo, Bunga Rafflesia, Bekantan, Harimau Sumatera, Burung Cendrawasih, dan lain-lain.

5. Budaya

Indonesia terdiri atas lebih dari 700 suku bangsa. Setiap suku memiliki tarian dan lagu khas masing-masing. Hal ini membuat Indonesia semakin berwarna. Meskipun banyak suku, tapi masyarakat Indonesia selalu berusaha untuk menjaga kerukunan antar suku. Sudah banyak pertunjukkan budaya Indonesia di luar negeri yang di sambut positif oleh negara tersebut.

6. Rasa Nasionalisme

Sebagai orang yang lahir atau tinggal di Indonesia dan untuk menunjukkan rasa terimakasih untuk pahlawan-pahlawan kita dimasa lalu yang telah berjuang untuk memerdekakan kita dari penjajahan, kita mempunyai tanggung jawab untuk ikut memajukkan negara Indonesia. Contohnya dengan mencintai atau membeli produk-produk Indonesia. Cintailah hal-hal yang kamu punya sekarang, sebelum kamu kehilangannya. (Dian Paolo/mar)

Dian Paolo adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Ada merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.