Sukses

KRI Banda Aceh Open Ship di Dermaga Malahayati

KRI Banda Aceh-593 mengadakan open ship atau kunjungan ke kapal bagi masyarakat Aceh, di Dermaga, Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar.

Citizen6, Jakarta: KRI Banda Aceh-593 mengadakan open ship atau kunjungan ke kapal bagi masyarakat Aceh, di Dermaga, Malahayati, Krueng Raya, Aceh Besar, Banda Aceh.

Acara tersebut digelar setelah dilaksanakan upacara pengukuhan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, pada Senin 11 November 2013. 

Kegiatan open ship KRI Banda Aceh-593 ini, disambut antusias oleh masyarakat Aceh terutama yang berada di sekitar Dermaga Malahayati. Terlihat masyarakat berbondong-bondong mengunjungi kapal perang untuk melihat secara langsung keberadaan kapal perang yang merupakan kebanggaan bangsa Indonesia.

Kunjungan warga Aceh yang terdiri dari masyarakat umum maupun pelajar yang berkunjung ke KRI tersebut dibagi dalam beberapa kelompok untuk selanjutnya mendapatkan penjelasan dari Anak Buah Kapal (ABK) KRI Banda Aceh-593. Selanjutnya para pengunjung diajak berkeliling kapal mulai dari haluan kapal sampai dengan Buritan. Suasana keakraban antara pengunjung dengan prajurit KRI Banda Aceh-593 terlihat selama kunjungan berlangsung, di antaranya dengan mengajak para prajurit berfoto dan bertanya tentang kapal maupun kegiatan selama berdinas di kapal perang.

KRI Banda Aceh-593 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Yana Hardiyana tersebut, merupakan kapal jenis Landing Platform Dock (LPD) atau kapal Bantu Angkut Personel (BAP) produksi PT PAL yang memperkuat armada TNI Angkatan Laut. Serupa dengan kapal jenis LPD lainnya, KRI Banda Aceh-593 mampu menampung 5 helikopter, 3 helikopter di deck, dan 2 helikopter di dalam hanggar. Kapal ini juga dirancang mampu mengangkut 22 tank, 20 truk kombinasi dan 13 tank, 560 pasukan, dan 126 Anak Buah Kapal(ABK).  

Selain berfungsi untuk memobilisasi pasukan, kapal panjang 125 meter dan lebar 22 meter ini juga dapat digunakan untuk fungsi Operasi Militer Selain Perang (OMSP), seperti membawa logistik ke daerah bencana alam, mendukung angkutan mudik lebaran, dan kegiatan lainnya. (Drs  Heddy Sakti A/mar)

Drs Heddy Sakti A adalah pewarta warga.

Mulai 6 November-15 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Jika Aku Punya Startup". Dapatkan 3 tiket masuk ke acara Startup Asia Jakarta 2013, yang masing-masing tiketnya bernilai Rp 3,3 jutaan ditambah merchandise eksklusif bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.