Sukses

Ular Tangga Anak Sehat Semarakkan HKN 2013

Ular tangga ini mengajarkan anak-anak bagaimana cuci tangan yang benar, gosok gigi yang benar, juga makanan yang sehat untuk tubuh mereka.

Citizen6, Yogyakarta: Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang jatuh pada tanggal 12 November setiap tahunnya, RZ mengadakan berbagai kegiatan dengan mengambil tema Indonesia Cinta Sehat, dengan sub tema “Menuju Indonesia Sehat dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang Bermutu.”

Peringatan HKN ke-49 tahun ini menjadi lebih istimewa karena RZ sebagai Non Government Organization (NGO) menggelar penyelenggaraan upaya kesehatan yang bersifat promotif, preventif maupun kuratif sebagai perwujudan kontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Rangkaian kegiatan peringatan HKN ke-49 akan dilaksanakan serentak di 31 kota di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Jayapura dengan menggandeng Cita Sehat Foundation (CSF) selaku pelaksana program.

Dian Chairani selaku direktur CSF sekaligus penanggungjawab rangkaian program mengatakan bahwa melalui tema ini RZ berusaha optimal untuk mengenalkan Jaminan Kesehatan Nasional yang bermutu kepada seluruh masyarakat. "Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat memperoleh manfaat kesehatan sekaligus sebagai momentum penekanan terhadap preventif dan promotif demi tercapainya tujuan pembangungan kesehatan, termasuk tujuan pembangunan millenium atau MDGs," ujarnya.

Selain kegiatan kuratif yaitu penggratisan bagi seluruh masyarakat  yang ingin melakukan pemeriksaan dokter umum, KIA, atau dokter gigi pada tanggal 14 November yang lakukan di seluruh Klinik RBG RZ yang ada di 8 kota di Indonesia, kegiatan promotif juga dilaksanakan. Salah satunya adalah edukasi kesehatan untuk anak sekolah. Sesi edukasi ini berbeda dari biasanya, anak-anak sekolah diajak lebih fun mengenal kesehatan. Yaitu dengan bermain Ular Tangga Anak Sehat. Antusias anak-anak sekolah sangat tinggi, semua ingin berpartisipasi bermain ular tangga ini. Ular tangga ini mengajarkan anak-anak bagaimana cuci tangan yang benar, gosok gigi yang benar, juga makanan yang sehat untuk tubuh mereka.

"Kemasan edukasi yang sangat menarik untuk anak-anak. Selain belajar pola hidup sehat mereka juga bisa bermain dengan teman lainnya. Mengajarkan sejak dini berperilaku hidup sehat, akan memudahkan para orangtua dirumah dan juga dapat mempersiapkan generasi yang kuat, sehat dan tangguh untuk Indonesia nantinya," kata Ratna Kusuma, Manajer Klinik RBG RZ cabang Yogyakarta. (Ratna Kusuma/Arn)

*Ratna Kusuma adalah Branch HeadCita Sehat Foundation Cabang Yogyakarta.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini