Sukses

Mahasiswi FISIP Undip Gelar Pelatihan Jurnalistik

Workshop seminar jurnalistik di Auditorium FISIP UNDIP.

Citizen6, Semarang: Workshop seminar jurnalistik "Ekspresi Kritik dalam Visual" dihadiri sejumlah mahasiswa FISIP Universitas Diponegoro (Undip) di Auditorium FISIP UNDIP.

Acara yang digelar pada Rabu 20 November 2013 kemarin ini adalah rangkaian acara dari Lembaga Pers Mahasiswa OPINI FISIP UNDIP. Para Mahasiswa mendapat materi dari Arif Nugroho (Pewarta Foto Indonesia) dan Abdullah Ibnu Thallah (Editor Kartun Koran).

Tujuan dibuatnya workshop ini agar mahasiswa dapat mengekspresikan pendapatnya melalui berita yang tidak hanya melalui tulisan, tetapi juga nantinya mahasiswa dapat mengekspresikan pendapat atau berita melalui foto ataupun gambar (tema).

"Fotografi jurnalistik harus memiliki nilai berita, biasanya terdapat caption. Ciri-ciri foto jurnalistik adalah memiliki nilai berita, melengkapi sebuah berita, dimuat media, dan harus ada pesan yang disampaikan dari foto tersebut," kata Arif Nugroho dalam materinya.

Sedangkan Abdullah Ibnu Thallah dalam materinya menyampaikan,"Kenapa kartun masih sering digunakan saat ini? Karena ada beberapa hal yang tidak bisa disampaikan foto. Foto tidak bisa mengaktualkan gagasan yg kompleks dan mengaktualkan imajinasi." (Jafrianto/mar)

Jafrianto adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini