Sukses

Hari Armada, Siswa SMA Surabaya Joy Sailing dengan KRI Makasar

Memperingati Hari Armada RI tahun ini, Koarmatim mengadakan kegiatan Sarasehan on Sailing menggunakan KRI Makasar-590.

Citizen6, Surabaya: Dalam rangka memperingati Hari Armada RI tahun ini, ada hal baru yang digelar Koarmatim, yaitu mengadakan kegiatan Sarasehan on Sailing sekaligus melaksanakan Joy Sailing dengan menggunakan KRI Makasar-590.

Pelayaran sekitar 5 jam tersebut, memutari Alur Pelayaran Barat Surabaya, dengan komandan kapal Letkol Laut (P) Kunto Tjahjoyo, pada Kamis (28/11/2013).

Sarasehan maritim di kapal perang tersebut diikuti sekitar 120 peserta dari pejabat birokrat pemerintah pusat dan daerah, para akademis dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Nampak hadir pula para praktisi dan pelaku usaha bidang maritim, termasuk pejabat dari Kementerian Pertahanan, Mabes TNI, dan TNI AL serta pejabat Kotama TNI AL Wilayah Timur. Di antaranya Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, Komandan Kobangdikal Laksda TNI Widodo, dan lainnya.

Tema Membangun Kekuatan Laut (Sea Power) Yang Mampu Memanfaatkan dan Mengendalikan Laut Demi Kepentingan Nasional yang diangkat sangat sesuai dengan kondisi kekayaan sumber daya laut Indonesia.

Mengawali sarasehan yaitu pembukaan dengan keynote speaker Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Hari Bowo. Usai membuka sarasehan, kepada wartawan Hari mengatakan, kegiatan sarasehan di atas kapal perang ini bertujuan untuk mensosialisasikan Armada kepada masyarakat agar masyarakat mengetahui bagaimana itu Armada dan TNI AL dalam mendarma baktikan untuk kepentingan masyarakat.

Koarmatim dalam hal ini mengundang dua pembicara yang berkompeten di bidangnya, yaitu Dr Andi Widjajanto yang membawakan materi "Paradikma Baru Dalam Memanfaatkan Potensi Sumber Daya Nasional Guna Mewujudkan Sea Power". Sedangkan pembicara kedua yaitu Dr Connie R Bakrie dengan materi,"Mempersiapkan Angkatan Laut Berkelas Dunia Guna Mewujudkan Sea Power".

Pokok bahasan dari ke dua pembicara dalam sarasehan tersebut, yaitu untuk memberikan wawasan dan pengetahuan guna meningkatkan kemampuan analisa terhadap bagaimana mewujudkan kekuatan laut (sea power), yang mampu memanfaatkan dan mengendalikan laut guna kepentingan nasional, maka perlu dibahas dalam sarasehan ini.

Untuk kegiatan Joy Sailing diikuti sekitar lebih dari 350 siswa SMU dan SMK  Surabaya dan luar daerah, seperti dari Sidoarjo, Pasuruan, Bojonegoro, Ngawi, Blitar dan Madiun. Juga ada Komunitas Pegiat Kebangsaan dari Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Surabaya serta dari Paguyupan Cak dan Ning Surabaya. Tema Joy Sailing itu sendiri "Dengan Joy Sailing Membentuk Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia Yang Berwawasan Kemaritiman Untuk Kejayaan NKRI". (Dispenarmatim/mar)

Dispenarmatim adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.