Sukses

APP Raih 2 Penghargaan Sustainable Business Awards

Penghargaan ini menunjuk bisnis APP yang berkelanjutan dapat menguntungkan perusahaan, lingkungan, dan semua pemangku kepentingan.

Citizen6, Jakarta: Asia Pulp & Paper (APP) melalui anak usahanya, PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk dan PT Pindo Deli Pulp And Paper Mills memperoleh penghargaan pada acara Sustainable Business Awards (SBA) kedua yang diselenggarakan oleh Global Initiatives, Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBCSD), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan diverifikasi oleh Trucost dan PricewaterhouseCoopers (PwC).

“Penghargaan ini kami anggap sebagai bentuk kepercayaan dan apresiasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat umum dan para pemangku kepentingan. Penghargaan ini kami terima dengan penuh suka cita sebagai suatu kehormatan,” ujar Suhendra Wiriadinata, Direktur Corporate Affairs and Communications APP di Jakarta, Sabtu (30/11/2013).

Ia menjelaskan dalam penghargaan ini PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk mendapat penghargaan Industry Champion dalam bidang Pulp & Paper karena berhasil memenuhi semua kriteria yang ditentukan dalam bisnis berkelanjutan. Penghargaan ini diberikan oleh mantan Menteri Lingkungan Hidup Emil Salim. Sementara itu, PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills mendapat penghargaan Best Water Management terkait dengan efisiensi penggunaan dan konservasi air dalam proses produksi. Anugerah disampaikan Kepala Bappenas, Prof Dr Armida Salsiah Alishahbana.

“Kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan industri yang seimbang dan berkelanjutan,” tandas Suhendra.

SBA merupakan penghargaan yang penting dalam dunia bisnis yang mencakup seluruh sektor. Penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam pengimplementasian bisnis berkelanjutan, serta untuk menunjukkan bagaimana sebuah bisnis yang berkelanjutan dapat menguntungkan berbagai pihak, termasuk perusahaan, lingkungan, dan semua pemangku kepentingan, baik hari ini hingga masa yang akan datang.

Metodologi yang dikembangkan oleh SBA menggabungkan seluruh fitur terbaik dari kerangka kerja yang ada dan proses seleksi dan penilaian penghargaan secara global untuk benar-benar membuktikan mana yang berhasil mencapai strategi hijau dan mendapatkan keuntungan bisnis.

Keberlanjutan bisnis memiliki banyak definisi. SBA menggunakan kerangka komprehensif untuk menilai sebuah bisnis berdasarkan delapan kategori, yaitu visi dan strategi, penggunaan energi, penggunaan air, limbah dan daur ulang, dampak lingkungan, komunitas sekitar wilayah perusahaan, lingkungan kerja, serta rantai pasokan. Kerangka kerja ini telah dikembangkan melalui kerja sama dengan para pemangku kepentingan di Indonesia dan ahli terkemuka di dunia, dan hal ini sepenuhnya sesuai dengan praktik di dunia bisnis internasional.

Melani adalah pewarta warga.

Mulai 18 November-29 November ini, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik "Guruku Idolaku". Dapatkan merchandise menarik dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini