Sukses

Citizen6, Media Penyalur Aspirasi bagi Jurnalis Muda

Citizen6, ruang bagi para jurnalis muda yang ingin membuat karya dan dapat diakses diportal media online.

Citizen6, Semarang: Saat ini di Indonesia banyak lahir para jurnalis-jurnalis muda yang hebat. Namun kerap banyak orang yang memiliki bakat menulis untuk menjadi jurnalis namun tidak memiliki saluran aspirasi yang tepat untuk bakatnya itu.

Citizen6 merupakan salah satu ruang bagi publik di portal berita www.liputan6.com untuk ikut terlibat dalam proses mengumpulkan, melaporkan, menganalisis, dan menyampaikan berita dan informasi peristiwa yang terjadi di sekitar dalam bentuk teks, foto, atau video. Media untuk Semua ini menjadi wadah masyarakat untuk berperan aktif menjadi pewarta berita non-jurnalis.

Melalui media portal citizen ini, kita dapat mencurahkan bakat menulis bagi jurnalis muda dengan mengirimkan berbagai artikel unik dan original yang kemudian dapat di publish. Dengan ini juga dapat menambah kreativitas para jurnalis muda untuk mengembangkan tulisan-tulisanya, baik artikel maupun penyajian berita lapangan.

Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa Komunikasi Universitas Diponegoro. Dengan adanya tugas UAS Semester 1, mata kuliah Pengantar Ilmu Komunikasi dari dosen tetap Lintang Ratri Rahmiaji, mahasiswa diwajibkan untuk mengirimkan artikel dan dimuat di media. Banyak mahasiswa yang mengirimkan artikel ke portal media online citizen6. Menurut mereka, Citizen6 memberi kesempatan secara luas untuk melatih kemampuan menulis jurnalis muda.

Pada awalnya memang banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam menulis sebuah artikel atau berita karena mayoritas adalah pertama kali menulis. Namun ternyata banyak karya yang dimuat dan memberi motivasi untukn kembali menulis dan mengembangkan isi-isi dan penyajian artikel yang dikirim.

Terima kasih Citizen6, sudah memberi ruang bagi para jurnalis muda yang ingin membuat karya dan dapat diakses diportal media online. (Haninda Rafi Windiastuti/mar)

Haninda Rafi Windiastuti adalah  Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro-Semarang.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.