Sukses

Pantai Bandengan, Tempat Wisata Favorit RA Kartini

Kota kecil di pantai utara Jawa Tengah ini memiliki keindahan pantai berpasir putih. Keelokannya banyak yang tak menyangka.

Citizen6, Jepara: Kota kecil di pantai utara Jawa Tengah ini memiliki keindahan pantai berpasir putih. Keelokannya banyak yang tak menyangka. Di desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa tengah pantai ini berada. Karena itu Pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Bandengan. Banyak  juga yang menyebut dengan Pantai Tirta Samudra.

Asal-usul nama Pantai Bandengan konon pemberian dari Sunan muria yang menyebarkan Islam ke kepulauan Karimun Jawa. Menurut cerita, di tempat ini banyak ikan bandengan, sehingga dinamakan pantai bandengan. Dulu pantai ini juga menjadi  tempat favorit wisata R.A kartini bersama bangsawan Belanda pada masa itu.

Pesona Pantai Bandengan tidak kalah dengan pantai-pantai terkenal lainnya yang ada di Indonesia. Dengan pasir putihnya dan pohon pandan yang berjejer rindang menambah keasrian dan panorama pantai Bandengan ini. Wisata airnya juga menarik, kita dapat menikmati banana boat di pantai ini. Ada juga permainan ban donat sehingga pantai ini sangat seru untuk di kunjungi bersama keluarga.

Pantai Bandengan meiliki hamparan pasir putih yang luas. Udaranya sejuk karena rerimbunan pohonnya. Momen yang paling ditunggu para wisatawan ketika sunset. Para pengunjung biasanya mengabadikan momen-momen indahnya dengan memfoto atau merekamnya di video.

Ketika lelah bermain air atau aktivitas di pantai ini, pengunjung bisa beristirahat dengan menikmati makanan di warung-warung  yang ada di sepanjang pantai.  Oh ya di pantai Bandengan ini pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Panjang dengan perahu. 

Jadi tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati keindahan pantai berpasir putih, cukup kunjungi Jepara dan anda dapat menikmati pantai yang penuh pesona ini. Untuk transportasi juga mudah, Pemerintah Kabupaten Jepara sudah memudahkan akses menuju pantai ini. Jadi jangan pikir panjang jika ingin berlibur bersama keluarga kunjungi saja Pantai Bandengan. (kw)

Penulis:
Febriana Krisma Damayanti
Jepara, febXXX@yahoo.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini