Sukses

Dinsosnakertrans Bantaeng Bantu UsahaTernak Petani

Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng

Citizen6, Bantaeng: Berbagai cara dan strategi dilakukan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng dalam hal mengatasi pengangguran dan kemiskinan. Satu diantaranya, melalui Direktorat Perluasan dan Kesempatan Kerja Ditjen Binapenta Kemenakertrans RI, dengan kegiatan pengembangan ternak sapi dan kambing serta kegiatan wirausaha.

Demikian yang disampaikan Kepala Bidang Tenaga Kerja Kabupaten Bantaeng, Syahrul Bayan, di sela–sela acara penyerahan bantuan ternak sapi kepada Kelompok Usaha Ternak “Ujung Bori’” Desa Kayu Loe Kecamatan Bantaeng, yang dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng kepada Ketua Kelompok Cada, dan didampingi oleh Kepala Desa Kayu Loe, Muhammad Naim, dan tampak pula Kabid. Resos, Haeruddin dan sejumlah pejabat eselon IV Dinsosnakertrans, Rabu (11/12).

“Semoga bantuan ternak sapi di Desa Kayu Loe dan ternak kambing di Kelurahan Karatuang dari Kemenakertrans RI dapat dikelola sebagai bagian dari strategi pengembangan kesempatan kerja dan perluasan kerja bagi masyarakat yang menganggur, sehingga angka pengangguran di Bantaeng dapat kita tekan secara signifikan” ujar Syamsul Suli yang juga mantan Asisten Bidang Ekbang ini.

Selain itu, Bidang Tenaga Kerja juga melakukan kegiatan Penciptaan Wirausaha Baru melalui kegiatan Terapan Teknologi Tepat Guna di Desa Bonto Marannu dan Desa Bonto Lojong serta Tenaga Kerja Mandiri di Desa Baruga Kecamatan Pa’jukukang. Ketiga desa tersebut, juga turut diberikan bantuan sarana yang akan dimanfaatkan untuk pengembangan usaha khususnya dalam rangka pemanfaatan SDA dan potensi pendukung yang ada di desa tersebut.

“Kesemuanya kegiatan tersebut dalam rangka mempersiapkan kegiatan tuan rumah PORDA XV Tahun 2014, yang mana Kelompok Usaha “TEDOL” (Tenteng Dodol Loka) di Desa Bonto Marannu, dan Kelompok Usaha “SAKURA” di Desa Bonto Lojong ini akan menjadi produk baru lagi Bantaeng, sehingga akan menambah oleh – oleh khas asal Bantaeng” lanjut Syahrul Bayan.

Kegiatan tersebut juga merupakan wujud dari sinergitas dari SKPD diantaranya dari Dinas Peridagtamben, Dinas Koperasi dan UKM, dan Dinas Budpar, Dinas Pertanian dan Peternakan serta pihak perbankan. Dan menariknya untuk kelompok usaha “TEDOL”, SAKURA dan TKM “Nirmana” di Desa Baruga ini dimasukkan dalam program Jamsostek untuk Program TKLHK, sehingga mereka kesemuanya dapat terlindungi dari masalah ketenagakerjaan, khususnya jaminan keselamatan kerja.

Selain itu, Bidang Tenaga Kerja juga turut melakukan kegiatan Padat Karya Infrastruktur di 4 (empat) desa masing – masing : Desa Kampala, Desa Pa’bumbungan, Kelurahan Karatuang dan Desa Ulu Galung diantaranya berupa perintisan jalan usaha tani dan peningkatan jalan desa.

Penulis:
Syahrul Bayan
Bantaeng, syahrulXXX@googlr.com
 

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.