Sukses

Mengelola Perpustakaan Sekolah bagi Calon Guru

Perpustakaan merupakan unit yang wajib ada di sebuah lingkungan sekolah

Citizen6, Jakarta: Perpustakaan merupakan unit yang wajib ada di sebuah lingkungan sekolah seperti yang tertuang dalam  Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005, pasal 42 (2) dan 43. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, peran perpustakaan mengalami perubahan. Salah satunya yaitu bergesernya paradigm tradisional  perpustakaan yang semula hanya tempat pinjam-kembali buku saja, namun sekarang telah lebih berperan sebagai sumber pembelajaran dan informasi baik murid maupun guru.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan tersebut dan sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, The Johannes Oentoro Library (JOL), mengadakan workshop mengelola perpustakaan sekolah selama tiga hari, 4-6 Desember 2013 di Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci. Workshop kali ini diperuntukkan untuk mahasiswa teacher college (TC), semester akhir sebagai ujud pembekalan para mahasiswa sebelum mereka diterjunkan ke lokasi-lokasi sekolah yang ditunjuk. Diharapkan dengan workshop ini, mahasiswa mampu mengelola perpustakaan di sekolahnya masing-masing.

Untuk memenuhi tujuan dari workshop ini, team pustakawan JOL mengajarkan dari hal yang paling dasar yaitu penginstalan software perpustakaan, pengoperasian pengadaan serta pengolahan koleksi sampai dengan cara operasional sirkulasi sehari-hari. Selain kegiatan teknis perpustakaan, team pustakawan pun memberikan beberapa pengetahuan dasar mengenai literasi informasi, promosi perpustakaan serta  kiat-kiat apa saja yang perlu dipersiapkan dan wajib diperhatikan dalam mengelola perpustakaan sekolah. (kw)

Penulis:
Phillips Iman HW, Pustakawan UPH
Jakarta phillipXXX@uph.edu

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.


   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini