Sukses

[Terima Kasih 2013] Tahun Menemukan Bentuk Ideal Perpustakaan

Memposisikan perpustakaan fakultas di antara perpustakaan jurusan yang sudah mapan secara koleksi dan layanan merupakan sebuah tantangan.

Citizen6, Yogyakarta: Tahun 2013 adalah tahun kedua saya diberi amanah menjadi penanggungjawab perpustakaan Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada (UGM), tepatnya sejak Mei 2012.

Dengan kondisi perpustakaan yang baru direnovasi, koleksi yang disusutkan 80% menjadi tantangan tersendiri untuk saya. Renovasi perpustakaan sendiri, meski sudah diresmikan pada awal 2012, baru secara penuh selesai di bulan-bulan akhir 2012.

Memposisikan perpustakaan fakultas di antara perpustakaan jurusan yang sudah mapan secara koleksi dan layanan merupakan sebuah tantangan. Akhirnya saya membuat rencana strategis dalam pengembangan; pertama penataan ruang secara berkelanjutan, pengembangan kemampuan staf, pengadaan koleksi khas, dan pengembangan kegiatan kreatif.

Perpustakaan kami bagi menjadi 2 kategori ruang; merah untuk ruang khusus belajar mendiri dan tak boleh ada diskusi, hijau untuk ruang yang dapat digunakan untuk diskusi dengan suara rendah. Beberapa asesoris perpustakaan juga berhasil kami wujudkan pada tahun ini. Teman-teman pustakawan pun kami ajarkan berbagai tips mencari informasi di internet dan juga workshop tools akademik.

Pengadaan koleksi khas yang berupa novel, cerpen, biografi, filsafat, dan semacamnya ternyata mendapat sambutan  dari mahasiswa. Hal ini sangat wajar, karena di fakultas hanya kami yang menyediakan koleksi non-teknik seperti ini.

Pengembangan kegiatan kreatif juga menjadi inti yang kami kembangkan. Jika ada mahasisswa yang mencari koleksi artikel jurnal dan tidak dimiliki perpustakaan atau tidak dilanggan perpustakaan, kami bantu untuk mendapatkannya dari berbagai jejaring yang kami miliki. Tawaran berbagai workshop terkait tools akademik juga mendapat sambutan. Ada workshop zotero, mendeley, lyx, pencarian jurnal, dan prezi.

Selain itu,  kami mengajak mahasiswa untuk berkegiatan di perpustakaan. Bedah buku, diskusi, dan juga yang baru-baru ini kami lakukan adalah membuat Library English Club.

Sambutan datang tidak hanya dari mahasiswa, namun staf (karyawan) juga mulai memanfaatkan jasa perpustakaan. Dosen juga mulai ada yang berkontribusi dalam pengembangan perpustakaan dengan mengisi workshop, memberi masukan dan menyumbangkan koleksi. Di 2014, saya berharap apa yang telah kami lakukan dapat terus dikembangkan dengan berbagai perbaikan. (mar)

Penulis
Purwoko
Yogyakarta, tamanjxxx@gmail.com

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 3 Desember sampai 13 desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Terima Kasihku untuk 2013". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini