Sukses

[Terima Kasih 2013] Terus Berjuang Penuh Semangat

Simak kisah yang terus berjuang penuh semakang selama 2013.

Citizen6, Semarang: Bagi saya, tahun 2013 adalah tahun di mana saya bisa memaknai arti hidup di dunia dan mensyukuri karunia nikmat Allah. Banyak kenangan dan pencapaian mimpi yang telah tergoreskan dalam catatan tahun  ini. Ada 3 prestasi yang dapat saya raih dan akhirnya saya bisa merasakan indahnya hidup yang penuh kesederhanaan tetapi penuh makna.

Pertama, saya dapat menjuarai berbagai ajang perlombaan di tingkat kabupaten. Meski hanya tingkat kabupaten tetapi berkat dapat menjadi juara saya dapat mengharumkan nama sekolah sehingga saya dapat membantu menambah pendapatan keluarga dengan reward yang dihadiahkan kepada saya.

Kedua, Saya dapat diterima di Perguruan Tinggi Negeri yaitu Unesa dengan mendapatkan beasiswa Bidikmisi. Dengan kondisi perekonomian keluarga saya yang sangat sederhana, Bapak seorang sopir dan Ibu sebagai pembantu rumah tangga. Bagaikan mimpi untuk saya melanjutkan kuliah. Dahulu saat lulus dari bangku SMP hampir saja saya putus sekolah, karena lingkungan yang masih terpencil dengan prinsip wanita hanya sebagai ibu rumah tangga dan tidak memerlukan sekolah. saat itu saya menangis. Dalam hati ada sebuah rasa iri kenapa saya tidak bisa seperti teman-teman saya yang bisa bersekolah di mana dia mau dan dapat dukungan dari orang tuanya. Setelah beberapa hari memikirkan bagaimana caranya agar bisa bersekolah, akhirnya saya menemukan ide yaitu berbohong kepada ayah saya. Sebenarnya saya tak berani akan tetapi karena semangat agar dapat melanjutkan sekolah akhirnya saya bertekat. waktu itu pendaftaran masuk Sekolah Menengah Kejuruan favorit di kabupaten saya. Dengan bermodalkan uang celengan selama duduk dibangku SMP dan selama pendaftaran dan tes saya izin kepada orang tua jika ingin bermain kerumah teman.

Pengumuman tes ujian telah diumumkan dan saya lolos. saya cepat-cepat pulang kerumah dan mengabari kedua orangtuaku. Dengan kagetnya kedua orangtuaku saat membaca selembar kertas pengumuman itu. Ayah sayapun menangis, beliau terharu dengan semangat saya untuk bisa melanjutkan sekolah. Akhirnya ayah saya luluh dan mengizinkanku untuk bersekolah, meski dengan hutang kepada tetangga untuk membiayai sekolahku.

Akan tetapi setelah lulus SMK dan saya ingin kuliah, kejadian itupun hampir terulang. Dengan tekad yang besar dan kesungguhan hati meskipun ditentang keluarga karena takut tidak  mendapatkan beasiswa, Saya mendaftarkan diri dan mengikuti tes dengan biaya hutang kepada teman. Alhamdulilah, pada tanggal 4 Juli 2013 saya lolos tes SBMPTN dengan dinyatakan sebagai penerima beasiswa Bidikmisi.

Ketiga, 2 bulan duduk di bangku perkuliahan. Saya bertekad untuk dapat bermanfaat bagi masyarakat disekitar rumah saya. Dilatarbelakangi oleh hasil pertanian jagung kabupaten saya yaitu kabupaten Grobogan sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia akan tetapi disetiap panen raya terjadi kerugian yang dialami oleh para petani karena permainan harga yang dilakukan oleh para tengkulak. Dari peristiwa itu saya mempunyai ide untuk mendirikan sebuah UMKM yang bergerak dibidang kuliner dari jagung sehingga dapat mensejahterakan para petani dan mengisi waktu luang ibu rumah tangga dengan menambah penghasilan para ibu-ibu. Dengan memanfaatkan hasil panen dan Ibu-ibu sekitar akhirnya didesa saya dapat mendirikan UMKM yang diberi nama  KUB Sejahtera. Tentunya tidak semudah itu mendirikan sebuah UMKM. Butuh perjuangan yang sangat menantang dan harus memotivasi warga agar memiliki semangat. Alhamdulilah, dengan tekad dan semangat yang tidak mengenal putus asa tahun 2013 ini dengan bantuan warga sekitar dapat mendirikan UMKM dan Bank BKK bersedia bekerjasama menyediakan dana hingga memberikan bantuan packaging secara geratis. Semoga selanjutnya saya dapat membantu mencarikan bantuan dana sehingga dapat membantu modal UMKM dan dapat membantu mensejahterakan mereka.

Itulah prestasi yang dapat saya raih pada tahun 2013 dan indahnya hidup saat kita dapat bermanfaat bagi sesama. (bnu)

Penulis
Fuebry
Semarang, fuexxx@xmail.com.

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini