Sukses

Mahasiswa Asmi Stama Yogyakarta Menang Lomba Karya Tulis

PerguruanTinggi Asmi Santa Maria Yogyakarta boleh bangga, pasalnya salah satu mahasiswanya kembali menorehkan prestasi dalam bidang menulis

Citizen6, Yogyakarta: PerguruanTinggi Asmi Santa Maria Yogyakarta boleh bangga, pasalnya salah satu mahasiswanya kembali menorehkan prestasi dalam bidang  menulis.

Prestasi kali ini datang dari mahasiswa Prodi Sekretaris semester V bernama Agustina Surat yang memenangkan Lomba Kaya Tulis Ilmiah mahasiswa dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap 28 Oktober dan Hari Pahlawan, yang diperingati setiap 10 November.

Didukung pengalamannya yang pernah menjabat sebagai wakil redaksi UKM jurnalistik "Jurasyik, Jurnalistik Asyik" di bawah asuhan Z Bambang Darmadi, selaku dosen dan juga wartawan senior di Harian Bernas Yogya,  yang juga memberikan banyak kontribusi dan dukungannnya kepada Agustina yang lolos sebagai juara harapan 1 mengalahkan karya ilmiah ratusan peserta yang lain dan memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp 1 juta.  

Lomba karya tulis ini diselenggarakan oleh PusatKomunikasiGerakanBela Negara (Puskom GBM) dari tanggal 28 Oktober sampai 15 November 2013 dengan mengangkat tema "Revitalisasi Wawasan Kebangsaan di Kalangan Generasi Muda Indonesia". Agustina yang akrab dipanggil Aci ini memilih judul "Urgensi Pendidikan KaumMuda". Di dalam karya ilmiahnya yang  berjumlah 11 lembar, Aci mengupas perbedaan Sumpah Pemuda tempo dulu dan sekarang. Menurutnya pemuda zaman dahulu adalah pribadi yang tak kenal menyerah dan punya  semangat juang yang sangat tinggi untuk meraih apa yang dicita-citakan, yakni kemerdekaan Indonesia.

Berbanding terbalik dengan pemuda zaman sekarang. Aci mencontohkan mahasiswa sekarang yang sering mengeluh jika diberi tugas oleh dosen. Misalnya hanya copy paste dari internet.

Pendidikan karakter bagi kaum muda juga disorot oleh mahasiswa kelahiran Adonara NTT ini.  Seperti falsafah kampus Asmi Santa Maria Yogyakarta "Disiplin Diri Kunci Keberhasilan", maka ia meyakini kecerdasan intelektual saja tidak cukup sebagai bekal menghadapi dunia kerja, namun kedisiplinan dan attitude juga menjajdi kunci menuju kesuksesan. Dimulai dari hal kecil seperti datang kuliah tepat waktu, mengumpulkan tugas tepat waktu, maupun mentaati peraturan, misalnya memakai seragam yang telah ditetapkan kampus.

Kendala yang dihadapi Aci ketika membuat karya ilmiah ini adalah kurangnya sumber sebagai bahan referensi tulisannya. Namun ia tak mudah menyerah, banyakmembaca surat kabar, majalah, dan mengamati kehidupan disekitarnya memberikan informasi yang luar biasa hingga akhirnya karya tulisnya dapatd iselesaikan tepat waktu.

Melalui karya tulisnya, Aci mengajak generasi muda untuk berpikir serta bertindak kreatif daninovatif, menghargai perjuangan pahlawan tempo dulu yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernahmelupakan sejarahnya. (mar)

Penulis
Elisabeth Sutriningsih (Mahasiswa Public Relations Asmi Santa Maria Yogya)
Yogyakarta, elisabeth.sutriningxxx@gmail.com

Baca juga:

BEM Asmi Yogyakarta Gelar Stama Vaganza 2013
Serunya Kuliah Lapangan PR Asmi StaMa Yogyakarta
Serunya Praktek Fotografi PR Asmi Stama Yogyakarta


Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 27 Desember 2013 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.