Sukses

PPI Yaman Adakan Bedah Buku Moderat dalam Perspektif Islam

Sikap wasathiyah (moderat) adalah karakter inti ajaran Islam itu sendiri, tegas Habib Umar bin Hafidz dalam pembukaan.

Citizen6, Tarim – Hadhramaut: Sikap wasathiyah (moderat) adalah karakter inti ajaran Islam itu sendiri, tegas Habib Umar bin
Hafidz dalam pembukaan. Bedah buku al-Wasathiyyah fil Islam “Moderat dalam Perspektif Islam” karya Habib Umar ini, dipandu Imam Nawawi mahasiswa Universitas Al-Ahgaff sebagai moderator. 

Acara yang diselenggarakan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Yaman cabang Hadhramaut, pada Jumat (27/12), di Auditorium Fakultas Syariah dan Hukum, Universtitas Al-Ahgaff, Tarim Yaman berjalan sukses.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Al-Ahgaff, Dr. Muhammad Abdul Qadir al-Aydrus, menekankan pentingnya memperjelas kembali makna moderat yang sesungguhnya, di tengah-tengah radikalisme yang semakin marak dalam kehidupan beragama. “Setiap orang mengaku dirinya menempuh jalan yang moderat, sehingga pengertian dari terma wasthiyah sendiri harus diperjelas,” ujar dosen jebolan Universitas Badhdad tersebut.

Di hadapan sekitar 500 pelajar Indonesia serta pelajar asing yang menjalankan studi di Propinsi Hadhramaut tersebut, pengasuh perguruan Darul Mushtafa menegaskan bahwa sikap moderat dalam beragama adalah representasi nyata sikap Rasulullah dan para sahabatnya.

Dalam Al-Qur’an Allah menyebut predikat wasath dalam ayat “Dan demikianlah Aku (Tuhan) jadikan kalian umat yang “wasat” (adil, tengah-tengah, terbaik) agar kalian menjadi saksi (syuhada’) bagi semua manusia, dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi (syahid) juga atas kalian.” (Al- Baqarah:143).

Dalam ayat tersebut, umat Islam dipuji oleh Tuhan sebagai umat yang tengah-tengah karena mereka tidak terjerembab dalam dua titik ekstrim. Yang pertama adalah ekstrimitas umat Kristen yang mengenal tradisi “rahbaniyyah” atau kehidupan kependetaan yang menolak secara ekstrim dimensi jasad dalam kehidupan manusia serta pengkultusan terhadap utusan. Yang kedua adalah ekstrimitas umat Yahudi yang melakukan distorsi atas Kitab Suci mereka serta melakukan pembunuhan atas sejumlah nabi.

Dengan pandangan dan sikap ‘wasatha’, setiap Muslim dilarang melakukan tindakan ‘tatharruf’ atau ekstrim dalam menjalankan ajaran agama.

“Ekstrimisme yang terjadi akhir-akhir ini terjadi karena konsep wasathiyah mulai terkikis,” tegas Dai Internasional yang getol menyuarakan ukhuwah Islamiyah itu. Karenanya, tutur Habib Umar, sikap moderat harus menjelma di setiap dimensi kehidupan seorang muslim, baik dalam ranah akidah, pemikiran, etika, serta interaksi dengan orang lain.

Menariknya, Habib Umar menyebut para walisongo sebagai contoh ideal yang telah berhasil menerapkan prinsip moderat dalam kegiatan dakwah menyebarkan Islam di tanah air. “Dengan sikap moderat yang ditunjukkan walisongo, Islam dapat diterima dengan baik di Indonesia,” ujar Habib Umar.

Acara bedah buku semakin menarik saat memasuki sesi dialog. Ketika dimintai pendapat oleh seorang audien terkait hukum ucapan selamat natal (tahniah) kepada umat kristiani, beliau berpendapat bahwa selagi ucapan selamat natal tersebut diucapkan tanpa disertai pengakuan (iqrar) terhadap hal-hal yang bertentangan dengan pokok akidah Islam – seperti klaim Isa anak Tuhan – serta keikutsertaan dalam kemaksiatan, maka tidak ada masalah. Hal tersebut, tutur beliau, karena memuliakan para utusan Allah, termasuk Nabi Isa, adalah diantara hal yang aksiomatis dalam Islam (min dharuriyyati hadza ad-din).

Acara yang merupakan agenda dari Departemen Pendidikan dan Dakwah PPI Hadhramaut tersebut berakhir pukul 23.30 KSA. Selepas bedah buku, diadakan launching buku berjudul “Janganlah Berbantah-bantahan yang Menyebabkan Kamu Menjadi Gentar dan Hilang Kekuatanmu”, sebuah terjemah atas karya Habib Umar berjudul “Wa La Tanaza’u Fatafsyalu wa Tadzhaba Riihukum”. Acara ditutup dengan penyerahan cinderamata kepada narasumber oleh ketua PPI Hadhramaut, Muhammad Bukhori. (Kw)

Penulis
Zacky
Yaman, ppihadhraxxxx@gmail.com


Baca juga:
PPI Yaman Akan Gelar Simposium Nasional
FLP Hadhramout Gelar Pelatihan Menulis
Panggung Sumpah Pemuda dan Bedah Buku PPI Yaman


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.