Sukses

250 Pelajar Berprestasi Ramaikan FOR ke-5

Forum Pelajar Indonesia (FOR) merupakan perhelatan akbar para pelajar Indonesia yang telah diselenggarakan sejak 2009 silam.

Citizen6, Jakarta: Motor penggerak bangsa ialah para pemuda beserta elemen-elemen lain dari bangsa tersebut. Pelajar merupakan bagian dari pemuda. Pelajar di Indonesia, dengan jumlah kurang lebih 8 juta pelajar SMA/SMK/ MA di Indonesia merupakan jumlah yang tidak sedikit. Apa bila kita dapat mengolah Sumber Daya Manusia (SDM) siswa siswi SMA/SMK/MA maka kita turut berperan serta dalam membangun bangsa, karena generasi mudalah motor pelopor perubahan bangsa menuju ke arah yang lebih baik.

Kita dapat memulainya melalui diri sendiri, keluarga, lingkungan, organisasi yang kita ikuti, dan lain lain. Forum Pelajar Indonesia merupakan salah satu organisasi pelajar yang beranggotakan para siswa siswi SMA/ SMK/MA Se-Indonesia dengan tujuan memperkokoh persaudaraan antar pelajar Se-Indonesia dan juga menyalurkan aspirasi pelajar.

Belum banyak yang mengenal apa itu Forum Pelajar Indonesia. Forum Pelajar Indonesia adalah kegiatan yang menyediakan ruang seluas-luasnya bagi pelajar tingkat SMA, SMK ataupun MA untuk berkreasi dan berinovasi menyampaikan ide dan gagasan mereka baik kepada masyarakat, pemerintah ataupun kepada pelaku bisnis. Forum Pelajar Indonesia (FOR) merupakan perhelatan akbar para pelajar Indonesia yang telah diselenggarakan sejak 2009 silam dan sudah memasuki tahun kelima. "Ayo Kreatif Demi Indonesia" adalah tema yang diusung pada FOR ke-5 yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF).

Antusiasme para pelajar untuk turut serta dalam kegiatan FOR mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jumlah pendaftaran peserta mencapai 1.085 orang. Setelah melewati proses seleksi yang ketat tersaring 250 pelajar berprestasi SMA, SMK dan MA dari 29 provinsi yang berhak mengikuti FOR ke-5 di Jakarta.  

Ketua Panitia penyelanggara, Fikri Mochammad Khaerul mengatakan,"Pada kegiatan FOR Ke-5 ini sangat diharapkan untuk para pelajar lebih bisa menciptakan keterampilan sehingga mereka bebas mengembangkan diri mereka di berbagai bidang. Mereka semua mempunyai ide dan gagasan yang sangat bagus dan mereka juga akan mendapatkan banyak pengalaman berharga serta melakukan berbagai macam kegiatan positif."

"Kami sangat senang karena sampai tahun ke-5 kegiatan FOR masih mendapatkan antusias yang sangat tinggi dari para pelajar di seluruh Indonesia, dan masih mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Sampai saat ini kami sudah mempunyai 1.200 alumni, serta 250 peserta aktif di 27 provinsi," tutur Fajar Kurniawan selaku Direktur Indonesia Student & Youth Forum.

Kegiatan FOR ke-5 dilaksanakan pada 18 – 22 Desember 2013 dengan tujuan memberikan ruang kreatif dan terbuka bagi setiap pelajar untuk menyampaikan aspirasi, ekspresinya. Pembukaan FOR ke-5 dilaksanakan pada Selasa 18 Desember 2013 di Auditorium Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan dibuka oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI Bapak HR Agung Laksono yang diwakilkan kepada Deputi Menko Kesra Bidang Koordinasi Pendidikan dan Agama Prof Dr Agus Sartono.

Proses seleksi peserta FOR berlangsung selama 1 bulan. Proses ini tidak hanya dilihat dari prestasi akademis semata tetapi para peserta harus memiliki ide dan gagasan dalam bentuk program yang berkaitan dengan cara mereka mengespresikan kecintaan terhadap Indonesia. Para peserta harus melalui seleksi yang sangat ketat mulai dari seleksi administrasi dan pembuatan video yang berdurasi maksimal 30 detik dengan tema Ekspresi Kecintaan dan Kebanggaan terhadap Indonesia.

"Saya bangga bisa terpilih mewakili Provinsi Jawa Barat serta memiliki kesempatan bisa bergabung bersama kawan-kawan dari daerah lain untuk belajar banyak hal dan saling menularkan semangat di kegiatan FOR 5 2013," tutur Nosef Nunggaran peserta asal Jawa Barat.

Acara FOR ke-5 ini dilakukan dengan serangkaian kegiatan seperti dialog kebangsaan, corporate visit, meet the leader dan CEO, workshop, dan beberapa aksi dari para peserta seperti Kampanye Merah Putih Gaya Gue (MPGG) dan aksi sosial seperti penanaman pohon bagian bibit di Car Free Day.

Pada puncak acara yang dipusatkan di Blok M Plaza, Minggu 22 Desember 2013 yang lalu, yang dihadiri oleh Bapak Aburizal Bakrie Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan dalam talkshow bersama kami di Dapur Sunda Resto mengatakan,"Kegiatan seperti FOR patut untuk diapresiasikan. Saya sangat berharap, acara FOR ini dapat terus berjalan karena telah memberikan wadah bagi para pelajar di Indonesia untuk berkreativitas dan memberikan banyak pengalaman yang berharga. Saya juga berharap, agar kegiatan FOR dapat terus menginspirasi pelajar lainnya untuk terus berkreativitas demi bangsa dan negara Indonesia." (mar)

Penulis
Nosef Nunggaran
Jakarta, nosefnunggaxxx@yahoo.co.id

Baca juga:
Marching Band SMA Cendana Riau Go Internasional
Lomba Debat Bahasa Meriahkan Hari Armada RI
Lulusan Terbaik Menjadi Prestasiku 2013


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.