Sukses

IYLC, Komunitas yang Cinta Bisnis dan Bakti Sosial

Atas dasar kekeluargaan dan kesamaan misi di bidang bisnis dan bakti sosial, sekumpulan mahasiswa di Kota Malang mendirikan IYLC

Citizen6, Malang: Atas dasar kekeluargaan dan kesamaan misi di bidang bisnis dan bakti sosial, sekumpulan mahasiswa di Kota Malang mendirikan komunitas Indonesia Youth Leaders Care. IYLC saat ini juga sudah berdiri di Lima Wilayah di Indonesia diantaranya Wilayah Sumatera,DKI Jakarta- jawa Barat, Jawa Tengah-Yogyakarta,Sulawesi-Kalimantan,Jawa Timur- Bali – NTB ditahun 2013.

Masing-masing wilayah ini mempunyai program yang berbeda-beda dalam bakti sosial dan satu program nasional yang sama yaitu Indonesia Entrepreneur camp. Apakah Pemuda hanya akan menunggu dewasa untuk bermanfaat di masyarakat? Tentunya jawabannya TIDAK ! IYLC hadir memberikan karya kebermanfaatan masyarakat Indonesia.
 
Awalnya komunitas ini hanya sekedar kumpul-kumpul sesama Mahasiswa wirausaha di kampus Universitas Brawijaya tahun 2011 silam. Namun seiring berjalannya waktu jumlah peserta sharing semakin bertambah. ”Misi kami fokus pada social entrepreneur terutama bidang usaha rakyat kecil,” kata Tri Wahyu Budi Setiawan pendiri Komunitas tersebut. Komunitas ini beranggota  mahasiswa.

"Melihat kondisi pemuda di Indonesia yang belum banyak peduli membuat  program buat rakyat kecil menggugah kami untuk mengajak seluruh elemen saling membantu atas dasar nilai bangsa yang dikenal dengan gotong Royong dan ramah tamahnya," tambahnya.

Kegiatan IYLC beragam, di antaranya adalah memberi pelatihan tentang kewirausahaan untuk anak panti asuhan, bersih pantai di Pulau Sempu, Gerakan 1000 alat sholat untuk warga Malang untuk membantu mushola-mushola yang kurang diperhatikan akan peralatan sholat yang sudah kurang layak untuk digunakan.

Indonesia Entrepreneur camp adalah perhelatan akbar untuk pendidikan mahasiswa wirausaha seluruh Indonesia selama 4 hari 3 malam serta diadakan kegiatan seminar, workshop, dan kompetisi ide social entrepreneur yang akan di laksanakan di daerah masing-masing.

Pendidikan Pedagang Kaki Lima di Kota Malang adalah workshop untuk PKL dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi pedagang dalam mencapai kesejahteraan sosial, peringatan hari difabel internasional dengan mengadakan lomba kreativitas anak difabel di alun-alun tugu Kota Malang serta program yang sedang dijalankan adalah “Rumah Belajar Mandiri” yang menjadi tempat singgah anak dalam belajar berwirausaha.

Dalam Website www.indonesiayothleaderscare.com , twitter @IYLC_Mandiri, FP Indonesia youth leaders care di informasikan setiap program yang akan dan sudah diselenggarakan serta memberikan kisah-kisah inspirasi untuk seluruh pemuda Indonesia (KW)

Penulis:
Tri Wahyu Budi S
Malang, twetzaXXX@gmail.com

Baca Juga:
Bangkitnya Budaya Baca Komunitas Baca Metro
Komunitas Perempuan Menulis Semarakkan Hari Ibu
Serunya Belajar 'Selfie' Foto dengan Komunitas Liputan6.com

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.






* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.