Sukses

Youth ESN Kembangkan Potensi Pendidik Muda Daerah

Youth ESN kembali mengadakan pelatihan bagi pendidik muda Youth Educators Regional Training (YERT) 2013 secara serempak di beebrapa kota.

Citizen6, Jakarta:  Youth Educators Sharing Network (Youth ESN) kembali mengadakan pelatihan bagi pendidik muda Youth Educators Regional Training (YERT) 2013 secara serempak di Rumoh Bahasa - Aceh, Rumah Baca Asma Nadia - Lampung, Universitas Siswa Bangsa Internasional - Jakarta, Rumah Dinas Wakil Walikota - Solo, Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan - Yogyakarta, Universitas Brawijaya - Malang dan Universitas Warmadewa - Bali.

Berlangsung selama 2 hari, kegiatan ini diikuti oleh total lebih dari 400 pemuda-pemudi yang memiliki hati untuk pendidikan Indonesia. Tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakannya YERT. Sebelumnya pada tahun 2012 kegiatan serupa telah dilaksanakan di Lampung, Tangerang, Temanggung dan Malang.

YERT merupakan sebuah pelatihan regional tentang langkah sederhana namun berdampak besar  yang dapat dilakukan oleh pemuda-pemudi Indonesia untuk menjadi seorang pendidik demi memajukan pendidikan Indonesia. Pelatihan ini terdiri dari berbagai sesi, diantaranya adalah sesi plenari yang menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif seperti Singgih S. Kartono (Magno) di Yogyakarta serta Ni Nyoman Krisna Kumalayani (Runner Up Putri Pariwisata 2012) yang berbagi tentang ‘Budaya Lokal Mengglobal’ di Bali.

Selain itu YERT 2013 juga memiliki sesi workshop dimana peserta dibekali cara pembuatan basic activity planning menggunakan panduan SMART, serta yang paling utama sesi paralel dimana peserta berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dari daerah masing-masing, sehingga setiap peserta dapat menginspirasi satu sama lain.

“Kami percaya bahwa pendidik bukan hanya guru, tetapi juga kita yang memiliki semangat berbagi. Oleh karena itu, YERT 2013 bertujuan untuk menumbuhkembangkan paradigma bahwa semua orang, utamanya anak muda bisa berkontribusi untuk pendidikan dengan berbagai cara.

Melalui YERT 2013 kami juga berharap agar dapat melengkapi rekan muda dengan kemampuan dasar mendidik untuk dapat dikembangkan dan diaplikasikan berdasarkan kebutuhan daerahnya masing-masing. Tak kalah pentingnya, YERT 2013 diadakan agar dapat menghubungkan pendidik-pendidik muda dari berbagai daerah untuk berbagi dan terkoneksi sebagai jalan informasi & pembangunan berkelanjutan,” seperti yang disampaikan oleh Yosea Kurnianto, Koordinator Umum Youth ESN. (kw)

Penulis:
Firzie Budiono Ravasia
Jakarta,  infoXXX@youth-esn.org

Baca Juga:
Yuk Intip Komunitas Penggemar YU-GI-OH Semarang
IZoc, Populerkan Pecinta Zombie di Surabaya
Komunitas Pena Indonesia Perkenalkan Alam yang Masih `Perawan`


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.