Sukses

[Resolusi 2014] Berani Berbicara dan Tampil di Depan Umum

Segala sesuatu tentang kehidupan di masa lalu adalah pelajaran yang harus dimaknai. Karena guru terhebat adalah pengalaman di masa lalu.

Citizen6, Yogyakarta: 2014 is coming!! Mengingat kembali akhir 2012, ketika saya ngetweet tentang resolusi untuk 2013: Happy New year. Welcome 2013! Welcome 'lulus dengan nilai baik'! welcome 18! Welcome sbmptn & ptn keperawatan! Welcome happiness! Amin Ya Allah.

Saat itu, saya berpikir harus melakukan yang terbaik. Do the best! Tidak pernah menyangka bahwa apa yang saya harapkan itu menjadi kenyataan. Saya berhasil lulus UN dengan usaha sendiri dan mendapat nilai yang memuaskan. Tes SBMPTN pun saya jalani, walaupun soalnya cukup rumit. Di situ, saya berhasil lulus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Gadjah Mada.

Tanpa kita sadari, waktu selalu seperti itu. Dia terus melangkah ke depan, tanpa pernah melihat ke masa lalu.  Apakah hidup juga harus seperti itu? Tidak. Karena segala sesuatu tentang kehidupan di masa lalu adalah sebuah pelajaran yang harus dimaknai. Karena guru terhebat adalah pengalaman di masa lalu. Inilah resolusi yang saya buat untuk tahun 2014:

1.    IP 3++

Sebelum saya merasakan dunia perkuliahan, membayangkannya saja sudah sangat menyenangkan (karena terkontaminasi dengan cerita yang ada di ftv/sinetron). Tetapi ketika menjalaninya, tidak bisa lagi ada bayangan. Harus dijalani dengan sungguh-sungguh. Pola pikir pun juga harus berubah. Sebentar lagi, saya akan menghadapi UAS dengan 14 mata kuliah yang materinya sangat banyak. Semangat dan jangan menyerah! Ini satu dari banyak tantangan hidup yang harus dijalani.

2.    Menerbitkan Buku

Sejak SD, bercita-cita untuk menjadi penulis. Walaupun saat ini kuliah di bidang yang tidak berhubungan dengan dunia menulis, cita-cita saya untuk menjadi penulis masih sangat besar. Target, diusia ke-19 bisa menulis dan bisa menerbitkan buku. Saat ini, proyek penulisan buku masih berada di bab-7. Fighting!

3.    Staff Pengabdian Masyarakat

Saya juga mengikuti organisasi di kampus. Karena katanya, jadi mahasiswa jangan hanya jadi kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang). Benar juga sih! Departermen yang kugeluti adalah pengabdian masyarakat (PM). Alasanku memilih PM adalah karena aku ingin sekali bisa berguna untuk orang lain. Selain itu, perasaan senang muncul karena bisa membantu orang lain. Saat ini, aku memang masih menjadi staff magang yang harus dilihat kinerjanya, dan aku akan berusaha melakukan yang terbaik. Harapanku juga, proker-proker PM di tahun 2014 akan lebih membuat mahasiswa lain tertarik untuk mengabdikan diri ke masyarakat.

4.    Bisa, mengerti dan aktif Catur

Aku juga mengikuti UKM catur. Catur lebih ribet daripada yang kubayangakan. Dan aku juga semakin penasaran. Tetapi belakangan ini aku udah jarang ke ukm, soalnya sibuk dengan aktivitas lainnya. Karena itu, di tahun depan, aku akan berusaha untuk mengatur jadwalku dengan baik agar bisa mengikuti catur.

5.    Member oriflame

Jadi mahasiswa tidak hanya kuliah dengan baik dan aktif organisasi, kalau bisa juga sambil menghasilkan uang. Karena itulah, setelah UAS, saya mau gabung dengan oriflame.

6.    Speak Up

Berani berbicara. Ini salah satu alasan saya bergabung dalam suatu organisasi. Saya adalah tipe orang yang pemalu. Apalagi kalau harus mengungkapkan apa yang dirasakan. Karena itu, harapan saya di 2014 adalah speak up dan berani tampil di depan umum. Saya juga ingin menjadi lebih percaya diri. Usahaku? Tentu saja dengan melihat orang lain yang lebih pecaya diri dan mencoba mengaplikasikannya ke dalam diriku. I will try the best for this!!

Lakukan yang terbaik, seperti langit yang bisa memberikan awan terbaik untuk makhluk hidup, walaupun nantinya akan ada hujan. Karena seperti itulah kehidupan. (mar)

Penulis
Nur Rahmah
Yogyakarta, rahma.luxxx@gmail.com

Baca juga:
Resolusi 2014] Adakah Calon Presiden Bervisi Maritim?
[Resolusi 2014] Menjadi Pribadi yang Lebih Baik bagi Orangtua
[Resolusi 2014] Bisa Menulis dengan Hati


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini