Sukses

[Resolusi 2014] Bangkit dari Keterpurukan

Sangatlah penting untuk menyosong hari esok yang lebih baik, dengan harapan yang selalu terpanjat kepada Tuhan.

Citizen6, Jombang: Sangatlah penting untuk menyosong hari esok yang lebih baik, dengan harapan yang selalu terpanjat kepada Tuhan.

Di tahun ini, banyak sekali harapan-harapan yang ingin diwujudkan. Bahkan tiap detik saya tak berhenti berpikir untuk kemajuan dihari mendatang. Mengingat tahun 2013, bagi saya merupakan tahun yang sangat suram, kelam, dan banyak waktu yang terbuang sia-sia. Namun di balik ketidakberdayaan akan masa 2013, saya bersyukur. Jika masa suram itu tidak terjadi, mungkin saya tidaklah menjadi lebih dewasa. Pintar-pintar mengambil hikmah dari setiap kegagalan adalah kuncinya. Hidup ini penuh dengan hikmah, setiap perkara yang telah digariskan oleh tuhan pastilah ada hikmahnya.

Setiap proses adalah pembelajaran, dimana hidup ini dalam setiap detiknya tidak boleh di lewatkan dengan hal-hal yang sia-sia. Mulai dari inilah saya ingin sekali untuk membenahi waktu yang diberi tuhan, dan 2014 adalah waktunya dan dimulai dari sekarang juga. Yang jelek tidak selamanya jelek, dan yang bagus tidak selamanya bagus. Kita sebagai manusia diciptakan dengan kelemahan dan kelebihan, ada saatnya kita menjadi manusia yang penuh kekhilafan dan melupakan jati diri. Dimulai dari kesalahan, resolusi terbaik sudah ada di angan-angan saya.

Kesadaran akan jati diri, akan siapa diri ini, dan untuk apa kita ada di dunia adalah motivasi saya untuk merubah hidup. Saya tidaklah ingin menjadi yang biasa-biasa, yang hidupnya rata-rata tanpa ada prestasi. Di usia 19 tahun ini, saya akan terus bermimpi setinggi mungkin, karena saya percaya tidak ada yang tidak mungkin selama kita mau berusaha. Tuhan tidak pernah tidur, Tuhan maha mendengar. Selama kita melakukanya dengan suka cita, tentu pasti ada jalan.

Inilah macam-macam resolusi 2014 yang ingin diwujudkan:

1. Ingin mengkoleksi banyak buku. Mulai dari buku agama, pengetahuan, dan buku inspiratif  yang mengugah semangat hidup.

2. Ingin mahir dalam memasak 30 macam masakan Indonesia. Karena saya ingin menjadi calon ibu yang baik untuk keluarga nantinya. Selain itu, saya juga tidak ingin mengecewakan calon suami.  
 
3. Ingin melancarkan 3 bisnis MLM yang sudah saya dalami dan meraih keuntungan sebesar-besarnya.

4. Ingin meraih IP 4.00

Ip sempurna seperti itu perlu perjuangan keras untuk mencapainya. Akan saya kerahkan seluruh kekuatan saya untuk dapat meraihnya. Tentunya dengan cara-cara yang baik dan tidak merugikan orang lain.

5. Ingin memperdalam ilmu agama

 Ilmu agama sangat penting. Karena kita akan hidup kekal abadi di akhirat. Hanya amal perbuatan didunia yang menjadi bekal kita di akhirat nanti. Ilmu agama itu bermacam-macam, saya ingin membeli buku-buku tentang fiqih, aqidah, tafsir al-Qur’an dan semuanya yang berhubungan dengan agama.

6. Ingin menuntaskan hutang puasa ramadaan yang kurang 9 hari. Bagi saya ini kewajiban yang tidak bisa dilupakan dan selalu menghantui.

7. Ingin mencoba mengamalkan puasa daud. Hati saya terpanggil untuk melaksanakanya, tapi saya baru mengamalkannya kalau semua hutang puasa ramadan tertuntaskan.

8. Ingin mendapatkan beasiswa lagi. Tahun kemarin saya sudah mendapatknya, dan tahun ini semoga saya bisa mendapatnya lagi. Dengan Ip yang tinggi dan doa, insya Allah saya bisa.

9. Ingin menabung Rp 50 ribu setiap hari. Menabung sangat penting untuk masa depan. Dengan menabung kita akan merasa lebih tenang, karena kita punya simpanan uang untuk kepentingan mendadak dan bisa mencukupi kebutuhan yang lain kalau uangnya lebih.

10. Ingin membeli tablet dan handphone canggih. Semoga ini bisa tercapai.

11. Ingin memperbaiki hubungan dengan banyak orang. Mulai dari orang tua, sahabat, teman, dosen, semuanya. Terutama sekali hubungan dengan tuhan. Saya ingin sekali menjadi manusia yang dicintai tuhan. Insya’allah kalau sudah di cintai tuhan, maka akan dicintai mahluk yang lain.

12. Ingin sekali berwirausaha dengan teman-teman. Sekarang saya masih merencanakan untuk berjualan baju online. Semoga dapat tercapai dan sukses.

13. Ingin lebih dekat dengan orang yang saya taksir, meskipun saya tidak menargetkan pacaran untuk tahun ini. Bagi saya pacaran itu tidak ada dalam islam dan saya tidak tertarik menjalin hubungan itu. Saya tertarik pacaran setelah menikah. Hehehe. Semoga saya berjodoh dengan nya, karena saya merasa ada kontak batin diantara kami.

14. Ingin membahagiakan orang tua. Memberikan uang hasil kerja saya kepada mereka. Meskipun tak seberapa, yang penting saya ingin melihat mereka bangga telah membesarkan saya.

15. Ingin menyelesaikan 3 novel dalam waktu 3 bulan ini. Semoga saya bisa, karena saya ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan menghasilkan karya. Dan kalau sudah rampung saya akan membawanya ke penerbit. Lalu untuk 3 bulan berikutnya saya akan membuat 3 novel lagi. Begitu seterusnya, sehingga saya bisa menghasilkan 12 karya dalam setahun. Saya optimis!!!

16. Bisa menjadi juara dengan mengikuti lomba-lomba. Lomba apapun itu, yang berhubungan dengan karya tulis maupun yang berhubungan dengan keilmuan kuliah saya, yakni ilmu administrasi negara.

17. Ingin lebih mendalami materi kuliah dengan lebih serius dalam belajar.

18. Ingin lebih aktif dalam organisasi di kampus. Ingin ikut aktif dalam 3 organisasi, yakni GMNI, PKAP, dan radio kampus. Organisasi sangat penting bagi saya, ini adalah ladang untuk menambah pengalaman dan teman sebanyak mungkin.

19. Tidak ingin telat kuliah.

20. Ingin menjadi penulis buku terkenal, mulai dari puisi, cerpen, novel, dakwah dan lain-lain. Dimulai ditahun ini dengan ribuan karya tulis yang akan saya buat.

21. Lebih disipilin pada amalan yang sudah saya dapat dari pesantren. Yakni sholat jama’ah, ngaji, wiridan, istighotsah, tahlilan, dan puasa sunnah. Semoga saya lebih istiqomah.

22. Ingin menjadi muslimah sejati. Inilah impian terbesar saya. Bagi saya, akhlaq adalah yang terpenting. Menjaga diri dengan sebaik mungkin, menjaga martabab sebagai seorang wanita, dan menjaga nama baik keluarga.

Itulah serentetan resolusi ditahun 2014. Saya menyambutnya dengan sangat optimis dan saya yakin, mimpi tersebut akan terwujud. Selamat tinggal 2013 yang penuh keterpurukan. Sekarang waktunya tahun 2014 yang akan membalas segala kegagalanmu dengan kesuksesan. (Mar)

Penulis
Intan Dewi Masithoh
Jombang, intandewixxx@gmail.com

Baca juga:
[Resolusi 2014] Tahun Memperjuangkan Pergantian Status!
[Resolusi 2014] Lulus Kuliah dan Berbahagia
[Resolusi 2014] Mengurangi Tingkat Kepadatan Bangunan


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 16 Desember sampai 3 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Resolusi 2014". Ada kado akhir
tahun dari Liputan6.com, Dyslexis Cloth, dan penerbit dari Gramedia bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini