Sukses

The Expendables 3, Apakah Trilogi Proyek Reuni yang Expired?

The Expendables, proyek reuni yang merupakan ide brilian Sylvester Stallone , yang berhasil memanjakan penonton dengan nama-nama besar.

Citizen6, Jakarta: The Expendables dan The Expendables 2 mungkin sukses di pasaran. Proyek reuni yang merupakan ide brilian Sylvester Stallone itu, berhasil memanjakan penonton dengan parade nama besar seperti Arnold Schwarzenegger, Bruce Willis, Jet Li, Jean Claude Van Damme, Chuck Norris, Eric Roberts, Mickey Rourke, Terry Crews, Randy Couture dan lain-lain. Bahkan dalam sequel ketiga juga dihadirkan Harrison Ford, Antonio Banderas & Jackie Chan (meski sebagai cameo).

Selain nama-nama besar di atas, aksi laga seperti pertarungan, baku tembak, ledakan, dan sebagainya juga disuguhkan dengan menambah sindiran kocak lewat celetukan para aktornya agar terasa lebih manusiawi. Seperti saat adegan pertemuan Stallone, Willis & Schwarzenegger di sebuah gereja pada The Expendables (1). Saat Schwarzenegger pergi, Willis bergumam,"Masalahnya? Dia mencalonkan diri sebagai presiden".

Atau dalam The Expendables 2, pada scene di mana Schwarzenegger & Willis berduet baku tembak melawan ratusan anggota kartel di airport, Schwarzenegger melontarkan celetukan "I’ll be back!", yang merupakan slogan khasnya yang legendaris dalam film 'Terminator' (1985). Juga saat Stallone mencandai Norris yang berada dalam helikopter,"Kadang-kadang menyenangkan saat berjalan dalam masa keemasan". Lalu saat Willis, Stallone & Scwarzenegger berjalan bersama di ending film,"Pesawat itu sudah pantas masuk museum, seperti kita".

Bagi penonton yang lahir di era 1970-1980an, film ini jelas menjawab angan-angan mereka, di mana saat itu para bintang besar lebih terlihat 'egoistis'. Film-film yang dibintangi mereka (secara solo) pun seolah bersaing. Para penikmat film pun berandai-andai,"Jika saja suatu saat, mereka bisa tampil satu film". Kini, setelah 20 tahunan lebih, Sylvester Stallone baru mewujudkan harapan tersebut. Memang sukses, hanya saja karya Stallone ini seperti sebuah lobster lezat yang dihadirkan ketika perjamuan sudah hampir usai. Jika saja yang menikmati trilogi The Expendables  adalah para penonton era ’80 atau ‘90an akhir, tentu jauh akan lebih meledak lagi.

Namun sebagai sebuah tontonan yang tak usah diapresiasi sebagaimana kita menikmati film drama nominasi Oscar, trilogi aksi karya Stallone ini tetap patut diacungi jempol. Semangat para aktor veteran yang masih besar dan dihormati di belahan barat sana, menunjukkan sebuah soliditas kerjasama yang hebat. (mar)

Penulis
Iwan Prasetya
Jakarta, iwprasexxx@gmail.com

Baca juga:
Kineforum Misbar, Bioskop Gratis Untuk Rakyat
Pesona Keindahan `Pulau Laskar Pelangi`
Hikmah Kepemimpinan Dari Film November 1828


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth  bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini