Sukses

Palutungan, Bumi Perkemahan di Gunung Ciremai

Bagian terbesar dari daerah Jawa Barat adalah pegunungan. Di Jawa Barat, terdapat gunung tertinggi yang bernama Gunung Ciremai.

Citizen6, Kuningan: Bagian terbesar dari daerah Jawa Barat adalah pegunungan. Di Jawa Barat, terdapat gunung tertinggi yang bernama Gunung Ciremai. Banyak pendaki yang tertantang untuk mencicipi euphoria pendakian yang terjal untuk sampai ke puncak gunung.

Terdapat 3 jalur pendakian yang bisa ditempuh, di antaranya jalur Majalengka, Palutungan, dan jalur Lingggarjati. Dari ketiga jalur ini, yang paling mudah dikunjungi untuk menikmati keindahan saat mendaki, yaitu Bumi Perkemahan Palutungan. Sebuah kampung terakhir yang berada di lereng selatan Gunung Ciremai ini, berada di wilaya Desa Cisatana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Sejauh mata memandang, kita akan disuguhkan pemandangan pohon pinus sambil melihat berbagai macam aktivitas warga desa yang sudah tidak lagi ditemukan di kota-kota besar. Tempat yang sangat cocok untuk dijadikan tempat melepas penat sejenak sebelum kembali memulai pendakian. Malam harinya, kita bisa melihat gemerlap lampu Kabupaten Cirebon dan Kuningan dari atas.

Obyek wisata ini begitu ramai dikunjungi oleh masyarakat yang tergoda akan keindahan dan kesejukan lokasinya. Tarif masuk yang terjangkau, yaitu hanya Rp 6 ribuan saja, Anda bisa menikmati akhir pekan dan mengabadikan moment indah ini bersama keluarga dan teman-teman.

Selain itu, tak jauh dari perkemahan, terdapat curug atau air terjun kecil bernama curug ciputri yang biasa disinggahi oeh para pendaki untuk mandi setelah bermalam di bumi perkemahan. Jalan menuju curug ciputri terbilang cukup mulus, namun sempit dan berkelok-keok. Terdapat fasilitas cukup lengkap yang disediakan di tempat wisata ini, seperti tempat parkir yang luas, toilet umum, sarana ibadah, warung jajanan, pusat informasi dan sarana olehraga.

Dengan Rp 8500 saja, Anda sudah bisa menikmati akses masuk ke curug putri yang cukup terkenal akan keelokan mistisnya. Tertarik untuk menjadikan Palutungan sebagai destinasi wisata Annda? (mar)

Penulis
BungaTrinata A.
Semarang, trinatabuxxx@gmail.com

Baca juga:
Menengok Peradaban Masa Lalu di Museum Wayang Kekayon
Pesona Karang Pantai Kukup
Wisata Murah Pantai Bandengan Jepara


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth  bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini