Sukses

Jakarta Dikepung Banjir, Tim Rescue Langsung Beraksi

Tim rescue PKPU langsung turun mengevakuasi korban banjir di hari pertama turunnya hujan lebat yang terus-menerus mengguyur Kota Jakarta.

Citizen6, Jakarta: Tim rescue PKPU langsung turun mengevakuasi korban banjir di hari pertama turunnya hujan lebat yang terus-menerus, hingga menyebabkan Jakarta dikepung banjir.  

Minggu, 12 Januari 2014 tim rescue mengevakuasi korban banjir di Pasar Minggu dan di Balekambang RT 05/05 Condet. Beberapa manula harus digendong ke tempat aman. Pagi ini, Senin (14/1/2014) setelah tadi malam melakukan sejumlah aksi evakuasi, tim rescue tengah melakukan assessment dan berkoordinasi dengan tim kesehatan dan tim trauma healing untuk segera diturunkan  di beberapa titik banjir Jakarta.

Hujan yang terus menerus mengguyur Jakarta sejak minggu pagi tersebut menyebabkan sejumlah titik di Jakarta terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) diberitakan beberapa wilayah sudah dalam status siaga 1 dan siaga 2.

Hingga Minggu 12 Januari 2014 kemarin, sekitar pukul 20.10 WIB, ketinggian muka air sungai di Jakarta bergerak naik. Pantauan Pusdalops BPBD DKI Jakarta, debit sungai Ciliwung di Depok dan Manggarai pada posisi siaga 2. Begitu pula di Karet juga siaga 2. Kondisi siaga 2 ini menyebabkan pemantauan tinggi muka air (tma) harus dilakukan per 15 menit sekali. Artinya, banjir yang lebih besar dapat terjadi dalam waktu singkat.

Untuk semua aksi banjir Jakarta tersebut, sangat dibutuhkan bantuan untuk kebutuhan evakuasi banjir seperti tenda, alas tidur, selimut, alat penerangan, perahu, perangkat dasar kebutuhan keluarga seperti kitchen kits dan paket cuci mandi. Selain itu juga dibutuhkan dukungan relawan medis seperti dokter, perawat, dan apoteker serta relawan non medis untuk turut serta membantu aksi banjir.  

PKPU juga akan segera mendirikan dapur air jika banjir masih mengepung Jakarta beberapa hari ke depan. Hubungi hotline siaga banjir PKPU di 021-70607578 dan BB 27606F15. (mar)

Penulis
Sukismo
Jakarta, kismoxxx@yahoo.com

Baca juga:
DPP Demokrat Buka Posko Banjir Jakarta
Peta Rawan Banjir Jakarta Januari 2014
FOTO: Prajurit Kopassus Ditarik dari Posko Banjir Jakarta


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai 7 Januari sampai 17 Januari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.