Sukses

Mari Perbaiki Jakarta Tanpa Saling Menyalahkan

Jika ingin Jakarta bebas dari banjir, maka perbaikilah cara hidup dengan selalu menjaga kebersihan.

Citizen6, Jakarta: Banjir di Jakarta seolah sudah menjadi bencana rutin tahunan setiap musim hujan tiba. Agak unik, ketika sebelumnya pemerintah ingin memindahkan masyarakat yang tinggal di daerah saluran air ke tempat lain, ditolak mentah-mentah.

Selain menutup saluran air, masyarakat Jakarta juga hobi buang sampah sembarangan, baik di jalanan atau di sungai. Ketika musim hujan tiba, saluran-saluran air yang mereka tutup dengan sampah ataupun rumah tinggal, tidak mampu mengalirkan air hujan sehingga menyebabkan banjir yang merata di Jakarta.

Pembangunan gedung-gedung besar tanpa resapan atau selokan yang memadai juga patut mendapat teguran dari pemerintah. Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengatakan harus ada solusi jangka panjang terkait banjir Jakarta.

Sangat ganjil jika tiap tahun Jakarta hanya terus berkutat pada perahu karet dan sembako. Jika hal ini terus berlanjut setiap tahun, tidak dapat disalahkan jika banyak pihak yang mempertanyakan kelayakan Jakarta sebagai ibukota negara.

Memperbaiki Jakarta memang bukan persoalan mudah. Usaha dan tekad Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta harus dibarengi dengan bantuan pemerintah pusat dan masyarakat Jakarta sendiri. Cara hidup masyarakat Jakarta yang sering acuh terhadap lingkungan kini menjadi bumerang bagi mereka.

Jika ingin Jakarta bebas dari banjir, maka perbaikilah cara hidup dengan selalu menjaga kebersihan dan tidak menjadikan daerah saluran air sebagai tempat tinggal. Pemerintah sebaiknya membangun rumah susun bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.

Dalam masalah ini kita tidak bisa saling menyalahkan karena semua memiliki andil dalam perbaikan Jakarta. Masyarakat Jakarta dan pemerintah harus memikirkan apa yang bisa dilakukan agar bencana banjir ini tidak terulang lagi di tahun-tahun berikutnya. (mar)

Penulis
Ananda Rasti
Jakarta, nandaraxxx@gmail.com

Baca juga:
[VIDEO] Banjir di Green Garden Jakbar Makin Tinggi
[VIDEO] Banjir di Pamanukan Subang
Dino Patti Djalal Turun Langsung Bantu Korban Banjir jakarta


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atauopini Anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini