Sukses

Edukasi Pemilu, KPU Bangka Barat `Goes to School`

Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2014, pada hakekatnya menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat Kabupaten Bangka Barat.

Citizen6, Bangka Barat: Untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang menentukan legitimasi hasil Pemilu 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar program "Goes to School" melalui Program Kelas Pemilu dengan sasaran pemilih pemula yaitu para remaja yang masih duduk di bangku SMA/SMK/MAN di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Martono mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2014, pada hakekatnya menjadi tanggungjawab semua elemen masyarakat Kabupaten Bangka Barat. ''Untuk itu pendidikan pemilih dalam Pemilu 2014, seharusnya tidak hanya dilakukan secara instant oleh partai politik pada waktu - waktu mendekati hari H pemilu saja namun harus berkesinambungan dan sistematis sejak jauh - jauh hari sebelumnya,'' kata Martono kepada wartawan di KPU Kabupaten Bangka Barat, Kamis (31/01/2014).

Program Kelas Pemilu bagi pemilih pemula ini lanjut Martono, cukup efektif untuk memperkenalkan demokrasi sejak dini. Dengan demikian, pemilih pemula tidak akan bertingkah apatis dan mau menggunakan hak pilihnya.

Selain melakukan sosialisasi tatap muka, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bangka Barat juga menyiapkan sosialiasi melalui media massa yakni beriklan di media massa. Tak hanya itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Bangka Barat telah mencetak brosur untuk diberikan kepada pemilih. Brosur ini berisikan ajakan memilih, profil dan visi misi pasangan calon termasuk tata cara pemungutan suara. "Akan dikirim bersamaan dengan surat undangan pemilih. Walau tidak bisa dibagikan ke semuanya tapi ini cukup efektif," ujarnya.

Ia mengakui sosialisasi Pemilu 9 April 2014 ini tidak dilakukan sendirian, tapi juga menggandeng relawan demokrasi yang telah dibentuk dan sudah dibekali berbagai materi terkait pemilu 2014. Tugas relawan demokrasi adalah sebagai penghubung sekaligus yang menyiapkan segala sesuatu ketika KPU akan menggelar sosialisasi di lingkungan masyarakat, bahkan menjadi petugas sosialisasi partisipasi pemilih bagi masyarakat di sekitarnya. "Berbagai elemen akan kita sasar untuk sosialisasi ini, yakni elemen perempuan, pemilih pemula, keagamaan, disabelitas, dan warga di daerah pinggiran. Semua kegiatan sosialisasi akan melibatkan relawan demokrasi," katanya, menambahkan. (kw)

Penulis:
Joko Dwi cahyana

Baca Juga:
KPU Pangkalpinang Sosialisasikan Pemilu ke Pemilih Pemula
PNS yang Golput akan Diberi Sanksi?

Disclaiomer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini