Sukses

#ReboNyunda Ridwan Kamil Banyak Dibicarakan di Twitter

#ReboNyunda (Rabu Nyunda) adalah program yang dibuat oleh walikota Bandung Ridwan Kamil

Citizen6, Jakarta: Timeline atau lini masa siang ini diramaikan dengan hestek #ReboNyunda.  #ReboNyunda (Rabu Nyunda) adalah program yang dibuat oleh walikota Bandung Ridwan Kamil yang mewajibkan masyarakat Bandung untuk berbicara memakai Bahasa Sunda.

Dari pantauan di twitter, #ReboNyunda menjadi trending topik untuk wilayah Jakarta dan Bandung.  Rupanya sang walikota tidak main-main untuk melaksanakan program ini. Hal ini tampak dari ciapan di akun twitternya ‏@ridwankamil  sehari sebelumnya.

“Wargi Bdg jgn lupa besok #ReboNyunda dan Sabtu ini #BCN no 3”.

Masyarakat menyambut baik program ini. Efeknya para penjual baju pangsi, ikat kepala dan aksesori yang berkaitan dengan Sunda laku keras. Saat ini jika kita ke Bandung kita akan menjumpai anak-anak muda yang dengan bangga memakai aksesori tersebut.

Selain #ReboNyunda Ridwan Kamil yang telah memperoleh lebih dari 20  award yang  berkaitan dengan arsitektur  ini juga membuat program yang tak kalah menariknya yakni #KamisInggris.

Seperti namanya, setiap hari Kamis, warga Bandung harus berbicara dalam bahasa Inggris.  Menurut laki-laki yang biasa disapa Emil ini,  program ini penting karena pada tahun 2015 Indonesia sudah masuk ke Asean Free Trade Area (AFTA) sehingga perlu menyiapkan sumber daya manusia sejak sekarang.

Untuk mencegah banjir, walikota ini mengajak seluruh warga Bandung untuk membuat biopori, lubang resapan air hujan. Target tahun ini adalah sejuta biopori. Jika warga tidak mau membuat biopori, Walikota yang suka melakukan aktivitas sosial ini telah menyiapkan relawan.
Sampai sekarang, masih sedikit walikota di Indonesia yang sekreatif  Ridwan Kamil. 

Sebagai arsitek ia paham bagaimana membuat kotanya makin dicintai warga. Salah satu hal yang dilakukannya adalah membuat Taman Jomblo. Penasaran, yuk malam mingguan di Taman yang dilengkapi dengan wifi ini. (kw)

Baca Juga:

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini