Sukses

YMN Targetkan Renovasi 100 Masjid di Daerah Bencana

Yayasan Masjid Nusantara (YMN) menargetkan renovasi 100 masjid di daerah bencana.

Citizen6, Bandung: Yayasan Masjid Nusantara (YMN) menargetkan renovasi 100 masjid di daerah bencana. Hal itu bertujuan untuk mengembalikan kenyamanan beribadah yang sempat terganggu akibat bencana yang belakangan sering menyapa Indonesia. Mulai dari bencana yang ada di Sumatera yaitu Medan, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga ke Manado yang baru saja dilanda banjir bandang.

"Jumlah masjid di Indonesia bisa dibilang sedikit, dan sekarang semakin berkurang akibat bencana yang terjadi akhir-akhir ini. Karena itu YMN ingin membantu masyarakat di daerah bencana agar kembali khusyu beribadah dengan merenovasi masjid yang hancur maupun rusak," ujar Muhamad Sobirin, Direktur YMN, Kamis (6/2/2014).

Selama 2013, YMN telah merenovasi 31 masjid dan membangun 21 masjid yang tersebar di seluruh nusantara. Mengingat Indonesia sedang berada pada tahap rawan bencana, YMN bersinergi bersama para donatur untuk mengadakan renovasi pada masjid-masjid di seluruh Indonesia yang mengalami kerusakan akibat bencana.


Masjid Al Khoiriyah Berfungsi Kembali

Salah satu masjid yang direnovasi pasca bencana adalah Masjid Al Khoiriyah yang berada di Pangalengan Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Setelah 4 tahun menanti, akhirnya masyarakat Kampung Malabar RT 01/10 Desa Banjarsari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung kembali mempunyai masjid yang layak untuk beribadah.

Masjid Al Khoiriyah yang terkena dampak gempa 2009 telah diresmikan pada Rabu 5 Februari 2014. Peresmian tersebut dihadiri oleh Sekcam Pangalengan, Direktur YMN, Muhamad Sobirin, beserta jajaran pengurus Desa Banjarsari.

"Alhamdulillah, kami warga masyarakat Malabar, Banjarsari mengucapkan banyak terima kasih kepada YMN, semoga segala bantuannya menjadi sebab kebaikan untuk masyarakat Malabar dan menjadi sebab peningkatan martabat di hadapan Allah," tutur Wawan, salah seorang warga Malabar dengan rona gembira.

Senada dengan Wawan, Ketua DKM Al Khoiriyah juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada YMN dan juga para donatur yang telah mengadakan renovasi sehingga masjid Al Khoiriyah dapat berfungsi kembali sebagai tempat ibadah yang nyaman.

"Semoga bantuan ini mendapat berkah dari Allah," lanjutnya.

YMN akan terus melakukan aksi untuk merenovasi dan membangun masjid-masjid di seluruh Indonesia, agar masyarakat dapat merasakan kenyamanan serta ketenangan dalam beribadah. (mar)

Penulis
Sari Asih Rahmawati
Bandung
Twitter: @sayasih

Baca juga:
2014 YMN Akan Bangun 25 Masjid
Selama 2013 YMN Bangun 21 Masjid
Pasca Gempa 2009, Masjid Ini Bisa Digunakan Lagi

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai 7 Januari sampai 7 Februari 2014 Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Warga Mengadu". Ada hadiah dari Liputan6.com dan Dyslexis Cloth bagi 6 artikel terpilih. Caranya bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini